Mau tahu tips belajar efektif? Simak penjelasan berikut


Mau tahu tips belajar efektif?


Siapa yang tidak mau belajar dengan efektif, sekaligus hemat waktu tapi dengan hasil belajar yang maksimal. Berikut salah satu cara yang bisa digunakan dalam belajar yang efektif, misalnya dengan membuat rencana Belajar

Mau tahu tips belajar efektif? Simak penjelasan berikut


Apa itu Perencanaan belajar? Kalau kita mengetahui bahwa rencana belajar biasanya berbentuk jadwa belajar yang terorganisir, yang berisi tentang gambaran atau garis besar yang akan dipelajari dan tujuan atau target belajarnya. Sama seperti jadwal kerja, sekolah, ataupun kuliah, bagi seorang pelajar atau mahasiswa seharusnya membuat perencanaan belajar. Dimana mereka bisa memberikan tanda tertentu pada kalender dan waktu-waktu tertentu yang harus dialokasikan untuk belajar. Membuat suatu rencana belajar tidak hanya membantu untuk mengorganisir semua pelajaran dengan baik, tapi juga dengan rencana belajar bisa menghitung seberapa usaha yang dikeluarkan untuk belajar.

Rencana belajar sangat perlu untuk dilakukan, karena rencana belajar adalah metode yang efektif yang bisa membantu mengorganisir semua pelajaran dan lebih sistematis. Ketika membuat rencana belajar yang bersifat personal, maka kita akan bisa melakukan evaluasi diri berdasarkan rencana yang sudah kita buat dan manajemen waktu dalam merealisasikannya juga. Dan juga menguji kepribadian kita dalam berkomitmen terhadap rencana yang sudah kita buat. Selain itu rencana belajar juga mengingatkan kita untuk belajar seperti alarm kita dalam belajar. Misalnya manajemen waktu belajar malam dengan meluangkan waktu 30 menit tiap malam itu lebih efektif dari pada belajar berjam-jam sebelum ujian.

Dengan rencana belajar kita bisa mengidentifikasi tujuan belajar di masing-masing pelajaran dan bisa mengetahui kekurangan masing-masing, sehingga bisa belajar sesuai kebutuhan. Dari situ belajar akan lebih efektif dan efesien, karena tidak memukul rata porsi belajar disemua pelajaram, sesuai dengan kekurangan dan kelebihan dimasing-masing pelajaran.
Membuat rencana belajar itu tidak sulit, karena rencana belajar itu bukan berarti harus mengalokasikan waktu berjam-jam tanpa istirahat untuk belajar. Tapi meski meluangkan waktu 30 menit sehari untuk belajar pun bisa dilakukan, asal melakukannya dengan cara yang benar. Tapi bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut !

  • Membuat tabel aktifitas sehari-hari


Membuat tabel aktifitas disini berfungsi untuk mengetahui seberapa kita memanfaatkan waktu, apakah terbuang sia-sia atau bermanfaat. Tabel perencanaan bisa dibuat dalam waktu seminggu atau mingguan, buat catatan tentang aktifitas harian. Catat semua hal seperti saat sekolah, atau mungkin mengerjakan tugas-tugas, dan juga waktu untuk keluarga. Bahkan juga wajib membuat catatan untuk makan tidur. Dengan melakukan hal itu selama seminggu, maka kita bisa melihat peluang waktu yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Dengan tabel ini maka bisa membantu menentukan hari dan jam yang bisa digunakan untuk belajar secara konsisten.

  • Membuat jadwal belajar

Setelah memutuskan hari dan waktu yang tepat untuk belajar, maka buatlah jadwal belajar dengan menandai kalender misalnya atau bisa juga tabel perencanaan. Gunakan catatan detail untuk menandai kalender atau tabel perencanaan untuk mengingatkan waktu untuk belajar. Membuat jadwal belajar seperti ini adalah cara yang terbaik untuk mengingatkan waktu untuk belajar agar tidak lupa. Selain itu juga membantu untuk menulis pelajaran yang akan dipelajari, sehingga kita bisa mengalokasikan waktu yang cukup untuk masing-masing pelajaran. Misalnya senin belajar matematika, selasa dan jum'at belajar bahasa Inggris.

  • Membuat target belajar

Sebelum memulai mungkin perlu membuat target mengapa kita belajar pelajaran ini dan cara mencapai target belajarnya. Misalnya kita belajar untuk keperluan ujian semester yang sangat penting, kemudian mengubah target untuk beberapa minggu kemudian karena ujian sudah selesai.
Bisa juga misalnya membuat target untuk pelajaran matematika, kita bisa mengukur BAB apa yang belum dikuasai dan seberapa penting itu. Sehingga hal itu menjadi prioritas untuk dipelajari dan menjadi target dalam belajar.

  • Memasukan target ke dalam jadwal

Suatu rencana belajar bekerja dengan baik ketika dilakukan dengan konsisten. Maka kita seharusnya mencoba untuk membuat suatu rencana belajar yang bisa kita lakukan untuk jangka panjang, misalnya dalam 1 semester. Dengan target yang dibuat juga dalam jangka waktu 1 semester, dan masing-masing target bisa kita masukan dalam jadwal yang sudah dibuat dengan langkah-langkah diatas.

Comments