Manfaat brokoli untuk kesehatan manusia


Menurut wikipedia. Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Manfaat brokoli untuk kesehatan manusia


Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat digemari saat ini. Kemudahan untuk mendapatkannya, mudah mengolahnya dan banyaknya manfaat dari brokoli, membuat sayuran jenis ini tidak pernah sepi peminatnya. Brokoli mengandung serat, vitamin, mineral maupun antioksidan yang sangat baik jika konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mungkin banyak orang yang tidak menyukai sayur, terutama brokoli. Agar mau dan menyukai tanaman brokoli, mungkin perlu adanya motivasi tertentu terutama kesehatan. Sehingga berikut manfaat brokoli untuk kesehatan, yang mungkin bisa menjadi motivasi untuk makan sayuran yang satu ini.

1. Meningkatkan ketajaman penglihatan


Brokoli mengandung vitamin A, c serta zat besi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kadar lutein dapat mencegah terjadinya proses degredasi atau penrunan penglihatan sehingga dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan dan penglihatan mata.

2. Menjaga Kesehatan kulit


Jika sobat sering beraktifitas diliar ruangan dan sering terpapar sinar matahari langsng, tidak salahnya untuk sering mengkonsumsi brokoli, karena sayuran ini mengandung senyawa glucoraphanin yang dapat memperbaiki kerusakan kulit kita jika terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu senyawa antioksidan ini dapat pula menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang


Kandungan kasium dan vitamin K yang terdapat di dalam brokoli menjadikan sayuran ini sangat penting untuk dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

4. Mencegah penyakit jantung dan stroke


Brokoli juga kaya dengan asam folat dan vitamin b6 yang sangat penting bagi tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke maupun jantung.

5.Menjaga kesehatan pencernaan


Selain kaya dengan vitamin, mineral dan zat anti oksidan lainnya, brokoli juga sangat kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk pencernaan, karena serat bersifat dapat mengikat air dan sisa-sisa makanan dan kadar lemak di dalam pencernaan, sehingga feses dengan mudah dapat dikeluarkan.
Dihimpun dari : wikipedia dan berbagai sumber

Comments