Heboh berita apel mematikan di Amerika

Beberapa waktu lalu di Indonesia ada pemberitaan orang yang tewas karena oplosan, namun di Amerika sedang hangat dibicarakan tewasnya orang karena apel mematikan. Bagaimana lengkapnya? Baca informasi yang sudah kami himpun dari washingtonpost.com.

Heboh apel mematikan di Amerika


Lima orang tewas dan 21 lainnya dirawat dirumah sakit setelah mereka terinfeksi listeria yang terdapat pada karamel apel kemasan. Informasi ini didapat dari Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit pada hari jum'at lalu.

Total keseluruhan terdapat 28 irang di 10 negara yang terinfeksi oleh bakteri pada bulan Oktober dan November, yang menyebabkan listeriosis yaitu semacam penyakit yang mengancam jiwa. CDC (Centers for Disease Control) mendesak konsumen agar tidak memakan apel karamel kemasan untuk sementara untuk kepentingan penyelidikan kejadian ini. Tidak ada penyakit yang terdapat pada lapisan apel dan karamelnya, atau apel karamel kemasan, kata lembaga tersebut.

Listeria terdapat pada lingkungan dan dapat hidup di pabrik pengolahan makanan, bahkan mampu hidup dalam suhu dingin seperti lemari es. Bakteri ini bisa mati dengan dimasak dan pasteurisasi. Bakteri tersebut terdapat di tanah dan air dan hewan seperti unggas, dan bisa terdapat pada susu mentah atau makanan yang dibuat dengan bahan susu mentah.

Pejabat kesehatan setempat menemukan dua orang tewas dan dua orang lainnya sakit karena memakan apel karamel kemasan yang sudah terkontaminasi. Keempat orang tersebut berusia 59 dan 90 tahun.

CDC mengatakan bahwa sembilan yang terkena penyakit ini adalah wanita hamil dan bayi yang baru lahir. Penyakit ini rentang bagi orang tua, wanita hamil, dan bayi yang baru lahir yang kekebalan tubuhnya lemah.

Wabah Listeria memang jarang terjadi, namun sangat berbahaya. Pada tahun 2011, listeria yang terdapat pada melon menewaskan 33 orang dan 147 orang sakit akibatnya. Pada tahun 2012, 22 orang terinfeksi dan empat orang lainnya meninggal akibat wabah tersebut yang terdapat pada merk keju ricotta yang di impor dari Italia.

Brendan Jackson, salah seorang petugas medis CBC mengatakan bahwa kasus listeria muncul sejak awal November dan CBC sudah melakukan investigasi terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini dengan menggunakan dua sidik jari genetik yang berbeda. Bakteri Listeria memiliki masa inkubasi yang panjang. Listeria membutuhkan waktu 70 hari untuk berkembang dan membuat orang sehat menjadi sakit.

Jackson menambahkan bahwa sampai saat ini penyidik belum menemukan sumber wabah penyakit ini. Tapi mereka memprediksi bahwa orang-orang masih memiliki apel karamel dirumah mereka. Dan akan dilakukan pemberitahuan untuk pencegahan menkonsumsi makanan tersebut.


EmoticonEmoticon