Cinta ! Apakah arti cinta menurut psikologi ?


arti cinta menurut psikologi - Apakah sesuatu perasaan yang hanya milik berdua dan yang lainnya hanya menumpang saja dibumi ini? Lalu, jenis cinta apa yang sesuai dengan anda dan pasangan anda sekarang?

Cinta ! Apakah arti cinta menurut psikologi ?


Ternyata ada jenis-jenis cinta menurut psikologi sosial loh... apa aja itu??? Check this out...

Cinta Romantik, cinta jenis ini biasanya terjadi pada cinta pada pandangan pertama. Bcinta ini berisi pengalaman-pengalaman yang emosional, serta bentuk dalam cinta ini adalah adanya daya tarik secara fisik.

Cinta Main-main, cinta jenis ini biasanya tidak akan bertahan lama. Seseorang yang berada di cinta tipe seperti ini, tidak akan bisa memiliki satu cinta saja, biasanya menjalin lebih dari satu cinta (satu pasangan). Dan jenis cinta ini menghindari bentuk keterikatan dari cinta itu sendiri.

Cinta kawan baik, bisa dikatakan jenis cinta ini lebih mengutamakan kenyamanan dan keakraban. Ciri-ciri dari pengalikasian dari cinta ini adalah adanya sifat-sifat yang kedewasaan dan persaudaraan. Contohnya adalah dimulai dari sebuah pertemanan yang cukup dekat, hingga menjadi sahabat baik, dan perlahan tumbuhlah benih-benih cinta dan akhirnya menjadi dua sijoli.

Cinta memiliki, cinta jenis ini bisa dikatakan sebagai cinta yang over protektif kepada pasangannya. Sehingga adanya rasa kasih sayang dan cinta kepada pasangannya bisa menimbulkan sifat yang mudah cemburuan, dan lain-lain.

Cinta pragmatik, yaitu bisa dibilang cinta yang logis, dimana seseorang menuntut pasangannya sendiri untuk sesuai dengan keinginannya sehingga hubungannya bisa berjalan dengan baik. Tetapi pasangannya juga bisa menerima dan nyaman di dalam hubungan ini. Dan tipe cinta ini lebih mencari kepuasaan daripada kegembiraan.

Cinta altruistic, mungkin ini dikatakan sebagai cinta yang menerima pasangannya apa adanya, yang saling mencintai dengan menerima kekurangan dan kelebihan pasangan , dan saling memeberikan rasa percaya kepada pasangan. Cinta jenis ini menganggap mencintai pasangannya sendiri adalah merupakan suatu tugas dan dilakukan dengan ikhlas. Perhatian, saling mejaga, dan saling memaafkan adalah ciri khas dari pasangan jenis ini.

Lalu, bagaimana jenis cinta anda dengan pasangan anda? Adakah salah satunya diatas?

Apapun jenis cintanya, cinta kepada kepada diri sendiri (mengahrgai dan menjaga diri), orangtua, alam dan negara adalah hal yang paling utama. Arti Cinta