Beginilah psikologi masa tua yang perlu kamu ketahui

Psikologi masa tua - Siapa tentunya yang tidak ingin menyambut masa ini, semua orang tentu menglaminya jika ingin berumur panjang. Masa dimana kemunduran fisik dan kognitif yang semakin lama semakin menurun. Namun didalam kemunduran fisik dan kognitif, segi sosioemosi haruslah semakin meningkat karena semakin bertambahnya usia, semakin banyaknya pengalaman yang didapat dan semakin membuat diri menjadi lebih bijaksana. Masa lansia juga bisa dikatakan sebagai masa dewasa akhir, dimana orang yang disebut lansia adalah dengan usia 60 tahun keatas.

Beginilah psikologi masa tua yang perlu kamu ketahui


Di masa tua ini juga terdapat tahapan ke delapan menurut Erikson, yaitu integritas versus keputusasaan. Orang lanjut usia pada masa ini mengalami evaluasi dalam hidupnya, sehingga bisa siap dalam menghadapi kematian atau akhir kehidupannya. Evaluasi ini bisa berupa negatif atau positif tergantung bagaimana individu atau lansia memaknai hidupnya. Namun, setelah adanya evaluasi yang bersifat pribadi dan unik ini, lansia biasanya lebih memaknai dengan perilaku yang positif. Perilaku yang positif bisa berupa semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, lebih meningkatkan sisi religiusitas, menghindari konflik, meningkatkan kualitas hidup, lebih menjaga kesehatan fisik dan emosinya dan sebagainya. Sehingga lansia juga semakin berwibawa dan menjadi panutan dalam masyarakat atau keluarganya.

Di masa ini pula, dimana ada kata lonely sickness, yaitu dimana lansia merasa mulai ditinggalkan oleh orang-orang dekatnya, oleh anak-anaknya yang telah dewasa yang sudah menikah maupun bekerja keluar kota, sehingga lansia merasa kesepian dirumah. Hal ini bisa dikatan wajar, karena selama ini orang tua yang selalu mengasuh anak-anaknya. tergantung bagaimana sikap lansia dan keluarganya menanggapinya. Dukungan dari keluarga pda khususnya, masyarakat dan pemerintah untuk lansia juga perlu diperhatikan dan lebih ditingkatkan, apalagi dari tahun ketahun jumlah lansia semakin meningkat.


EmoticonEmoticon