Apa itu 4G LTE yang menyebar di Indonesia ?

Mungkin Anda melihat TV atau media lain yang terdapat berbagai provider internet mempromosikan jaringan 4G LTE, yang katanya untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet dengan menghadirkan internet cepat. Sebelumnya sudah ada 3G atau mungkin 3,5G sebagai jaringan internet yang menjadi andalan para provider internet. Tapi tahukah Anda apa itu teknologi 4G LTE? Berikut informasi yang kami sajikan untuk Anda, sebagai referensi dan wawasan dalam akses internet.

Apa itu 4G LTE yang menyebar di Indonesia ?


Baca juga artikel ini  : Internetan dengan SSH (Secure Shell)

LTE merupakan singkatan dari Long Term Evolution. Apa itu LTE ? LTE adalah suatu standart jaringan komunikasi nirkabel (tanpa kabel) standart 4G, yang dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP) yang dirancang untuk menyediakan 10 kali kecepatan jaringan 3G untuk perangkat mobile seperti smartphone, table, netbook, notebook, dan hostpot nirkabel. Teknologi 4G dirancang untuk memberikan IP berbasis suara, data, dan multimedia streaming pada kecepatan minimal 100 Megabite per second (Mbps) dan sampai 1 Gigabite per second.

4G LTE adalah salah satu dari beberapa persaingan standart 4G dengan Ultra Mobile Broadband (UMB) dan WiMax (IEEE 802.16). Diluar negeri, operator seluler terkemuka telah menyebarkan teknologi 4G, Verison dan AT & T meluncurkan jaringan 4G LTE dan Sprint memanfaatkan jaringan 4G WiMax yang baru. Dalam hal perangkat mobile, banyak smartphone yang berbasis Android terbaru memiliki kemampuan 4G LTE, demikian juga table dan smartphone dari Apple.

Dan di Indonesia sendiri baru-baru ini beberapa operator seluler mulai meluncurkan dan mempromosikan jaringan 4G LTE tersebut. Namun yang menikmati jaringan inipun sepertinya hanya penduduk di kota-kota besar, dan seperti 2G atau 3G nantinya bisa jadi antar operator seluler bersaing untuk memasarkan jaringan 4G LTE ini. Semoga suatu saat warga Indonesia dimanapun berada bisa menikmati layanan internet cepat dan murah, karena internet saat ini menjadi suatu kebutuhan.

Comments

Alisa said…
Di Bandung data koneksinya sampai 30Mbps loh ternyata, wow ya
Asik dong, anti lelet ga bikin kepala pusing