Selamat hari guru, Pahlawan Pembangun Insan Cendekia


Selamat hari guru - Bait terakhir dari hymne guru memang sudah dirubah pada peringatan hari guru tahun 2008. Tapi apakah guru hanya yang mengajar kita disekolah? Apakah guru hanya yang mengajar kita di madarasah? Apakah guru yang membimbing kita di bimbingan belajar saja? Ya, benar, mereka adalah guru, tapi apakah yang dimaksud guru sebenarnya itu?

Selamat hari guru, Pahlawan Pembangun Insan Cendekia


Guru adalah pendidik, pengajar, memberikan kita ilmu. Orang atau tidak, adalah guru, mungkin anda pernah mendengar kata “pengalaman adalah guru kita yang sebenarnya”. Ibu dan ayah atau orang tua kita adalah guru kita yang pertama, mereka yang mengajari kita tentang awal dari kehidupan yang sesungguhnya. Jasa mereka membuat kita menjadi tumbuh dan berkembang, sampai saatnya kita bisa mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan, sampai kita bersekolah dan bertemu dengan bapak dan ibu guru yang memberikan kita berbagai ilmu, dan sampailah kita pada pengalaman-pengalaman hidup yang pernah kita lalui yang akan menjadi guru atau bekal kita kelak di masa depan.

Tanpa adanya guru, baik seorang guru maupun pengalaman, kita bukanlah siapa-siapa dan menjadi seorang yang berguna seperti sekarang maupun di masa depan nanti. Apapun dan berapapun balas jasa berupa materi yang anda berikan kepada guru, itu tidaklah cukup. Menjadi orang yang bermanfaat untuk bangsa dan sesama adalah mungkin akan membalas semua ilmu yang sudah anda miliki selama ini. Selamat hari guru, pahlawan pembangun insan cendekiaku.