Pentingnya pendidikan seks sejak dini

Pendidikan seks atau sex education pada anak di sekolah dasar mungkin masih dianggap tabu oleh kalangan umum, mungkin bisa jadi terdapat kata sex sebelum kata education atau ada kata seks setelah kata pendidikan. Seks edukasi ini sendiri sebenarnya dibutuhkan juga pada waktu anak berada pada Sekolah Dasar atau SD. Hal ini di pertimbangkan karena semakin cepat pertumbuhan dan perkembangan anak dalam mengalami masa pubernya.

Pentingnya pendidikan seks sejak dini


Orang tua sebagian besar juga menganggap bahwa masa puber mentruasi dan mimpi basah yang dialami pada anak tersebut akan diketahui dengan sendirinya. Ini merupakan anggapan yang salah, tidak bisa anak tiba-tiba mencari sendiri tanpa adanya pengetahuan yang dibimbing dari orang tua ataupun gurunya. karena anak perlu diperkenalnya apa itu masa pubertas, apa itu menstruasi, apa itu mimpi basah, hal apa saja yang harus dilakukan ketika itu terjadi, apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam hal agama masing-masing, apa saja perubahan fisik yang akan terjadi setelah mengalami pubertas, dan sebagainya.

Disini, adanya seks edukasi memberikan arahan dan pendidikan dalam hal seperti diatas. Mungkin orang-orang awam yang menganggapnya tabu karena terdapat kata seks sering dihubung-hubungkan dan diidentikkan dengan makna yang negatif. Dalam hal ini, seiring perkembangan zaman dan semakin kuat lingkungan dari berbagai media pula, serta gizi yang semakin terpenuhi dan sehat, membawa anak sekarang tumbuh dan berkembang semakin cepat, sehingga beberapa penanganan pendidikan khusus dirasa perlu untuk membantu wawasan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Comments