Masa keemasan anak yang sangat perlu Anda pahami

Masa keemasan anak - Mengkin istilah buah tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya itu bisa diibaratkan seperti seorang anak terhadap orang tuanya. Masa kanak-kanak atau pada anak di perembangan usia 2 sampai 6 tahun, merupakan masa dimana coping atau tahap meniru pada orang tuanya, pada lingkungannya, dan pada teman sebayanya. Namun, faktor utama atau primer dalam pembentukan pada anak usia awal adalah ada keluarganya, yaitu orang tuanya.

Masa keemasan anak yang sangat perlu Anda pahami


Mungkin sering anda jumpai bagaimana seorang anak yang jika bertemu dengan orang lain langsung berjabat tangan, atau jika masuk ke rumah mengucapkan salam terlebih dahulu. Atau bahkan meniru adegan yang ada di acara televisi yang ditonton oleh orang tuanya atau menonton tv dengan tidak dengan pengawasan orang tuanya. Masa kanak-kanak juga bisa disebut dengan golden age, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak berkembang pesat pada masa itu. Anak mulai belajar berbicara dengan orang lain, anak mulai mengenal apa itu sekolah, mulai menyesuaikan dengan lingkungannya, mulai berlarian, dan sebagainya. Masa ini bisa jadi penting untuk pengaruh anak tersebut di masa depannya, terlebih lagi, masa kanak-kanak suka meniru gaya orang disekelilingnya dan sekitarnya.

Sehingga tak jarang bahwa jika ada perilaku anak yang mungkin menirukan adegan-adegan di sinetron atau bahkan bertingkah laku layaknya orang dewasa, bertingkah lucu, sopan, dan sebagainya. Itu semua merupakan peran dari orang tua dalam pembentukan karakter anak dan lingkungan yang berpengaruh juga.

Comments