Inilah pelaku bisnis online yang mendominasi dunia maya


Inilah pelaku bisnis online yang mendominasi dunia maya



Pelaku bisnis online - Bagi yang melangkah untuk menjajaki dunia online sebagai sarana bisnis mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama bagaimana perilaku pengguna media online itu sendiri. Dan siapa saja yang menggunakan media online untuk bisnis. Menurut pengamatan saya, pelaku bisnis online memiliki banyak macamnya diantaranya adalah


  •  Media publisher atau penyedia iklan


Kalau kita menggunakan acuan google atau facebook sebagai standart media online yang saat ini lagi ngetrend, maka mungkin hal itu tidak jauh dengan yang namanya iklan. Ya memang mereka tidak nampak berjualan seperti toko online, karena produk mereka bukan barang. Produk yang ditawarkan adalah layanan atau jasa iklan. Mereka menawarkan layanan iklan yang akan ditampilkan atau ditargetkan pada pengguna google atau facebook. Demikian juga twitter yang melakukan hal yang sama seperti google dan facebook.


Kemudian penyedia jasa iklan juga tidak terbatas yang besar seprti google atau facebook. Blogger yang memiliki orientasi bisnis juga melakukan hal yang sama yaitu mereka juga menyediakan layanan iklan. Namun anehnya meski sama-sama penyedia layanan iklan, sesama blogger juga saling memasang iklan. Atau bahkan pasang iklan di facebook atau google. Jangankan sesama blogger, facebook pun memasang iklan di google karena semua juga membutuhkan promosi. Hehehe

Rata-rata blogger menggunakan iklan berbasis konten berupa artikel, blog download software, game, dan lainnya. Dengan target biar banyak pengunjung dan nantinya iklan yang terpasang di blog atau website bisa dilihat atau diklik pengunjungnya.


  • Advestiser / pengiklan


Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa semua yang masuk dalam internet marketing butuh yang dinamakan promosi.


Misalnya seperti ini, ada seorang yang memproduksi sendal jepit. Dan dia menjualnya secara manual dengan SDM seadanya. Kalau dipikir penjualan yang dilakukan pasti hanya terbatas wilayah tertentu saja, kemudian tidak bisa dijangkau oleh banyak orang. Dan yang lebih penting persebaran segment pasar sendal jepit seperti yang diproduksi juga tidak terfokus.


Dari analogi diatas muncul beberapa masalah, diantaranya adalah sulit mencapai konsumen yang dibidik. Kemudian juga karena tenaga terbatas, maka jangkauannya juga terbatas. Dan yang pasti biaya penjualannya juga besar untuk menjangkau konsumen yang dibidik yang menyebar atau tidak terfokus.


Coba kalau menggunakan cara ini, yaitu dirikan toko sendal jepit. Bisa seperti toko dipinggir jalan, tapi masalahnya tetap yaitu yang dijangkau hanya orang-orang yang lewat jalan itu. Itupun masih spekulasi sesuai dengan konsumen yang dibidik apa tidak. Bagaimana kalau toko online?


Mungkin toko online sendal jepit bisa menjadi solusi. Toko online digunakan sebagai marketplace produk sendal jepit, media promosi, atau juga perawatan konsumen. Baca artikel lain tentang manfaat toko online.


Nah, toko online disini orang manapun bisa melihat atau mengaksesnya. Tidak terbatas hanya daerah tertentu dan tidak perlu tenaga yang besar untuk menjual di toko online. Dan yang paling penting yaitu hemat biaya.


Tinggal bagaimana toko online anda bisa didatangi oleh pengunjung dari daerah mana pun ?


Ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu pasang iklan atau jasa SEO alias Search Engine Opimization. Karena dengan 2 hal ini bisa fokus pada segment pasar yang dibidik, misalkan orang yang butuh sendal jepit sehat. Dengan demikian konsumen yang anda target akan datang ke toko online anda.

Kalau butuh bantuan silakan menguhubungi tim marketing sisidesa media. Untuk layanan iklan baik di google ataupun facebook.

  • Pemerintah atau lembaga non-profit


Ada 1 lagi yang juga pengguna media internet untuk membantu pekerjaanya. Yaitu pemerintah ataupun lembata atau organisasi non-profit. Misalkan saja pemerintah setiap instansi, setiap wilayah rata-rata sudah memiliki website resminya. Hal ini digunakan untuk beberapa hal, antara lain untuk memberikan informasi terbaru kepada masyarakat tentang kebijakan pemerintah. Atau juga untuk melayani masyarakat secara cepat yaitu dengan media website.


Bedanya kalau disini fokusnya memang melayani masyarakat, dengan orientasi sosial. Bukan seperti layanan iklan diatas yang orientasi profit atau mendapatkan keuntungan material/financial.


Tapi  pemerintah kalau butuh publikasi ataupun punya program tertentu, kadang juga menggunakan media iklan sebagai alat publikasi atau promosi. Tapi sifatnya iklan layanan masyarakat, seperti beberapa waktu lalu melalui google adword salah satu instansi memasang iklan rekrutmen pegawai negeri sipil atau CPNS.


Terima kasih sudah dibaca meskipun panjang, kalau ada yang mau menambahkan atau melakukan koreksi silakan kasih komentar.