Inilah kunci sukses strategi pemasaran yang harus di praktekan

Salah satu kunci sukses dalam strategi pemasaran adalah pengetahuan atau memahami kondisi internal anda, dan potensi pasar yang anda bidik. Potensi pasar yang dibidik disini berupa kelompok-kelompok pasar atau sering disebut dengan segmen pasar. Biasanya kelompok pasar diklasifikasikan berdasarkan karakter kebutuhannya. Memahami kelompok pasar dan kebutuhannya tersebut dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kemudian menggarap kelompok pasar yang anda target dengan cara yang lebih baik dari kompetitor anda.

Inilah kunci sukses strategi pemasaran yang harus di praktekan


Anda dapat membuat strategi pemasaran dengan membuat keunggulan anda sesuai dengan kebutuhan kelompok pasar yang anda targetkan. Misalnya ada kelompok pasar yang cenderung melihat kualitas barang atau jasa dan melihat nilai pentingnya bagi kehidupan mereka. Maka aktifitas pemasaran yang harus dilakukan adalah dengan menunjukan kualitas dan nilai penting produk yang anda pasarkan.

Kemudian lakukan langkah pemasaran terbaik anda, yaitu bagaimana membuat kelompok pasar yang anda target mengetahui tentang produk atau layanan yang anda tawarkan. Serta bagaimana produk dan layanan anda tersebut mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan iklan, mengikuti kegiatan pameran, membangun hubungan sosial secara intensif dengan masuk atau mendirikan berbagai komunitas yang sesuai dengan produk dan layanan anda. Selain itu juga bisa dilakukan melalui internet, atau bahkan membangun sistem bagi hasil bagi orang yang mampu menjual produk atau layanan anda. Banyak metode terbaik yang bisa dilakukan, kemudian sesuaikan dengan konteks bisnis yang anda lakukan.

Faktor penting yang sering dilupakan adalah memantau dan mengevaluasi seberapa efektif strategi pemasaran yang digunakan. Kontrol disini tidak hanya membangu melihat bagaimana strategi anda berjalan, tapi juga untuk menciptakan strategi jangka panjang kedepannya. Misalnya dengan bertanya atau melakukan survey kepada konsumen baru tentang bisnis anda. Atau mungkin juga kepada konsumen lama, meminta masukan berupa kritik dan saran kepada mereka agar bisnis anda mampu menjadi lebih baik kedepannya.

Membuat keputusan strategi pemasaran. Dengan membuat suatu gambaran konkrit rencana pemasaran, bagaimana rencana tersebut berjalan, dan melakukan evaluasi keberhasilan strategi pemasaran tersebut. Rencana disini harus dipantau secara terus menerus, agar dapat direspon ketika terjadi perubahan kondisi, sehingga bisa diambil keputusan pada saat itu juga.

Comments