Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang

cara membuat roket air - Ini adalah cara membuat roket air dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang . Semua bahan dapat ditemukan di rumah, lingkungan sekolah, atau bahkan banyak dijalanan (sampah) Tapi ini juga menggunakan parasut yang ada pada bola tenis, yang nantinya memudahkan untuk terbang ke udara. Caranya cukup sederhana dan cepat, semua bahan yang dibutuhkan menggunakan bahan daur ulang sampah. Berikut adalah bahannya :


10 cara membuat roket air daur ulang



  • 2 botol bekas ukuran 2 liter
  • 1 plasik bekas yang tipis
  • 1 Map / amplop Kertas
  • 2 Lembar kertas kerajinan tangan
  • 1 Balon
  • 3 karet gelang
  • 1 Tenis Bola
  • Senar pancing
  • gunting
  • Pisau cutter
  • Lakban
  • masking Tape (double selotip)
  • Stapler / Staples
  • kawat



1. Potong botol pertama

Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang


Gunakan pisau cutter untuk memotong botol pertama. Lihat gambar untuk melihat bagian mana untuk memotong. Dan jangan buang bagian yang sudah dipotong, karena masih bisa digunakan.


2. Pasang botolnya




Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang

Gabungkan tengah botol yang sudah dipotong dengan botol kedua. Lekatkan kedua botol tersebut dengan laban. Pastikan keduanya terpasang dengan sempurna.

3. Menambahkan sayap roket



Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang
Ambil map dan lipas sisinya. Kemudian potong menjadi 3 berbentuk segitiga seperti pada gambar. Sehingga nanti ketika potongan segitita dibuka, maka akan membentuk segiempat. Lipat tepi sirip sehingga ada bagian datar yang akan ditempel ke botol. Pasang sirip untuk botol menggunakan lakban.


4. Membuat tutupnya


Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang




Membuat bagian atas roket air merupakan hal yang sederhana. Yang harus dilakukan adalah mengambil bagian atas botol pertama yang tadi dipotong dan pasangkan ke kertas kerajinan tangan dengan menggunakan lakban. Kemudian ambil sepotong kertas kerajinan dan tempatkan dibawah bagian atas botol. Potong lingkaran dengan pisau cutter, bentuk menjadi seperti rok dan pasang disekitar silinder, tempelkan dengan menggunakan stapler.


5. Memasang bagian elastis


Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang


Setelah membuat bagian atas, sekarang buat 6 sayatan menggunakan pisau cutter tersebar merata secara terpisah di sekitar bagian atas kerucut. Kemudian potong setiap band elakaret gelang sehingga membentuk garis lurus. Geser karet gelang melalui sayatan. Yang pertama melalui sayatan pertama (seperti membuat anyaman) dan yang kedua melalui sayatan kedua, dan melalui sayatan di seberangnya. ketiga melalui sayatan ketiga, dan melalui sayatan di seberangnya.

Tarik kedua sisi elastis di atas bagian atas botol dan putar di atas untuk terus di tempat. Tanda bintang akan muncul di bagian dalam atas kerucut.


6. Membuat parasut


Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang




Perhatikan gambar membuat rarasut diatas.

Ambil kantong plastik dan potomh bagian bawahnya sehingga membentuk datar seperti persegi panjang besar. Kemudian potong tengahnya menjadi dua persegi yang sama. Dan Potong tengah kedua persegi tersebut menjadi lingkaran.


7. Menempatkan bola tenis



Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang



Gunakan pisau cutter untuk memotong lubang untuk bola tenis. Ambil sepotong kawat dan pasang pada bola tenis sehingga menciptakan pegangan. Kemudian mengambil parasut dan tempel dengan 8 buah selotip, secara merata di sekitar tepi. Kemudian pencet 8 lubang, satu di setiap bagian dari selotip. Ambil senar pancing dan potong menadi 8. Ikat salah satu ujung tali pancing ke lubang di parasut dan ujung lainnya ke pegangan pada bola tenis. Ulangi 7 kali. Pastikan pancing terikat kencang ketika Anda mengangkat bola tenis di tengah saluran.


8. Memasang balon



Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang


Balon harus diledakkan kapasitas (yang tidak terlalu besar sehingga isi balon dengan air). Setelah itu diledakkan, menempatkannya di atas kerucut.


9. Memasang parasut



Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang




Lipat parasut setengah horizontal dan kemudian lagi vertikal. Lipat parasut dalam segitiga vertikal. Setelah itu adalah tertipis Anda dapat membuatnya, lipat dua horizontal. Tempatkan bola tenis, diikuti oleh parasut di bagian bawah botol roket.


10. Meluncurkan roket air

Inilah 10 cara membuat roket air daur ulang





Isi botol antara 1/2 sampai 2/3. Pompa dengan pompa angin antara 60 tekanan sampai 80 dan Luncurkan! Tekanan udara keatas,yang membuat balon memantul keatas dan dalam perjalanan ke bawah, roket akan melepaskan bagian atas / parasut Anda.