Cara manajemen waktu pemasaran usaha kecil

Pemasaran usaha kecil - Anda seorang wirausaha yang menjalankan usaha sendirian? Bagaimana Anda punya waktu untuk melakukan pemasaran usaha kalau Anda sibuk untuk melayani pelanggan Anda? Berikut adalah cara pemasaran yang bisa Anda lakukan dalam kondisi sesibuk apapun.

Manajemen waktu pemasaran usaha kecil


Tidak punya waktu untuk melakukan pemasaran, itu mungkin sebuah hal yang dirasakan bagi pelaku bisnis yang menjalankan bisnisnya sendirian. Mulai dari melayani pelanggan, mengelolah bisnis, melakukan fungsi penjualan dan pemasaran. Sehingga waktu menjadi sangat berharga dalam kondisi seperti itu. Sehingga perlu adanya manajemen waktu yang tepat agar Anda mampu melakukan proses pemasaran disamping banyaknya pekerjaan prioritas lainnya.

Banyak teknik manajemen waktu yang bisa dilakukan. Misalnya Anda dapat menunda tugas atau mempekerjakan staf untuk membagi tugasnya, tapi ini tidak menjawab masalah karena kondisinya Anda sedang menjalankan bisnis seorang diri. Nah, cara yang menarik adalah dengan membagi pekerjaan menjadi pekerjaan yang lebih kecil. Misalnya Anda ingin melihat tingkat kepuasan pelanggan Anda, maka bisa dibagi kecil-kecil pekerjaan ini. Mulai memikirkan targetnya dulu, menyiapkan instrumen pertanyaan, dan memikirkan metode, dan lain-lain.

Kemudian setelah membaginya menjadi pekerjaan kecil maka tinggal melihat kalender. Kapan anda mengerjakan tiap bagian kecil pekerjaan Anda, berapa lama Anda mengerjakan sesuai bagian kecil itu, dan kapan target bisa tercapai. Maka sengan seperti itu maka tidak akan terasa berat (kalau konsisten), karena setiap hari hanya membutuhkan waktu mungkin cuma 1 jam untuk mengerjakan hal itu. 1 Jam mungkin tidak terlalu mengganggu waktu yang lain, misalnya dipikir sambil istirahat.

Comments