Black Friday dijadikan peluang bisnis online


Peluang bisnis online - Di Bulan November ini sering kali menerima email promosi dan menggunakan istilah Black Friday?

Black Friday dijadikan peluang bisnis online


Sebenarnya apa itu Black Friday dan apa hubungannya dengan promosi produk-produk. Setelah mempelajari dari berbagai sumber, Black Friday adalah hari jum'at setelah Thanksgiving Day. Sedangkan Thanksgiving Day itu sendiri berakhir pada hari kamis, minggu ke empat bulan November. Kalau misalnya saat ini (November 2014) Thanksgiving Day berakhir pada hari kamis (27 November 2014), sehingga Black Friday yaitu hari jum'at tanggal 28 November 2014.

Hari jum'at yang ditunggu warga Amerika, karena sehari itu dimaksimalkan untuk berbelanja. Pada hari-hari menjelang black friday sering dijadikan promosi berbagai produk. Para penjual mengambil kesempatan ini dengan memberikan diskon besar-besaran untuk menjual sebanyak-banyaknya produk mereka meski dengan untung yang sedikit. Budaya banyak dilakukan di Amerika Serikat, yang menandai persiapan natal dengan belanja berbagai kebutuhan.

Pada black friday adalah kesempatan yang ditunggu warga Amerika untuk berbelanja. Karena pada kesempatan itu banyak penjual yang memberikan diskon besar-besaran. Rata-rata mereka belanja untuk keperluan natal pada sehari itu. Namun pada kenyataannya yang terjadi mungkin tidak hanya keperluan natal, tapi berbelanja banyak hal. Karena saling berebut diskon, sering terjadi korban yang terinjak-injak saat belanja.

Black Friday dalam bisnis online

Hal ini juga berlaku di Internet, bagi bisnis online atau toko online. Di Amerika semua penjual memiliki kesempatan yang sama dalam berjualan di Black Friday . Namun dalam bisnis online ada yang memasang iklan jauh-jauh hari sebelum Black Friday dilakukan. Dan mereka yang sudah memasang iklan, menyebarkan daftar produk dan harga juga menggunakan hak cipta dalam penentuan harga. Sehingga hal ini akan melindungi bisnis mereka dari kompetitor, kalau ada yang menyamai harga mereka. Mereka menggunakan sistem take-down dari Digital Millennium Copyright untuk melindungi hak cipta harga mereka.

Sehingga dari hal itu harus berhati-hati dalam melakukan promosi dan menjual produk secara online, karena website atau toko online bisa ditutup kalau melanggar. Tapi ini sepertinya terjadi di konteks Amerika, belum tahu di Indonesia terjadi apa tidak. Yang tahu boleh berbagi info dong :)

Dan di Indonesia banyak bisnis online yang memanfaatkan promosi momentual pada Black Friday, namun masalahnya promosi ini membingungkan. Karena di Indonesia banyak yang tidak mengetahui apa itu Black Friday, dan dalam promosinya tidak dijelaskan juga apa itu Black Friday.

Comments