Penjelasan psikologi tentang pertumbuhan vs perkembangan

( Pertumbuhan vs Perkembangan ) Pada kenyataannya, terkadang dua kata ini sering kali diucapkan dan digunakan, namun, jika ditanyakan, apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?

Penjelasan psikologi tentang pertumbuhan vs perkembangan


Dalam segi psikologis, pertumbuhan dan perkembangan adalah dua kata yang berbeda, pertumbuhan merupakan bertambahnya kematangan fisik pada individu, sedangan pertumbuhan adalah semakin berkembangan kematangan dalam mengelola emosi pada individu, kematangan emosi pada individu tidak bisa disamakan dengan bertambahnya kematangan fisik, dikarenakan adanya fase-fase perkembangan yang dilewati oleh setiap individu itu berbeda-beda.

Contoh dari pertumbuhan itu sendiri adalah bertambahnya berat barat, bertambahnya tinggi badan, dan lain-lain yang berhubungan dengan fisik. Contoh dari perkembangan itu sendiri adalah kematangan emosi, kemampuan memanajemen emosi, menghadapi orang lain, relasi dengan orang lain dan sebagainya.

Mungkin anda pernah mendengar tentang “dewasa itu tidak bisa dilihat atau ditentukan dari segi usia”. Yang dimaksudkan dewasa dalam hal ini adalah kematangan emosi, yaitu perkembangan. Mungkin anda pernah temui ada orang dewasa yang sering marah-marah dikarenakan hal sepele misalnya sepatunya terinjak orang lain, atau anda pernah menemui seorang anak yang bertanya kepada orang tuanya memiliki uang atau tidak sebelum dia meminta sesuatu? Atau sebaliknya, anda sering melihat anak remaja yang merengek karena tidak dituruti kemauannya oleh orang tanya?. Lalu, bagaimanakah pertumbuhan dan perkembangan diri kita sendiri? Apakah sudah sesuai dengan usia kita?