Memilih nama bisnis untuk menciptakan kesan yang positif

Memilih nama bisnis untuk menciptakan kesan yang positif


Menghasilkan ide tentang nama suatu bisnis, mungkin selama ini seseorang hanya menggunakan pandangannya secara personal. Namun secara obyektif yang seharusnya menjadi pertimbangan utama adalah sudut pandang pelanggan.

Nama bisnis yang anda gunakan harusnya menjadi landaran brand yang anda miliki. Dan hal tersebut nantinya bisa digunakan disemua media yang anda gunakan dalam pemasaran, misalnya dalam logo, website, email, iklan, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa poin yang bisa digunakan sebagai referensi memilih nama bisnis, dengan menggunakan beberapa instrumen pertanyaan dibawah ini :


  • Apakah anda ingin nama bisnis yang mampu menggambarkan bisnis yang anda miliki? Mungkin lebih bersifat umum dan lebih abstrak, misalnya : makanan sehat, disini lebih umum dan abstrak karena jenis makanan sehat pun sangat banyak macamnya.
  • Untuk menjadikan ide yang bagus, apakah harus menyertakan nama sendiri ?
  • Apakah anda ingin namanya yang terdengar kuno, mempertahankan nilai-nilai tradisional, atau nama yang cenderung modern dengan pendekatan yang lebih inovatif?
  • Berpikir jangka panjang, untuk menemukan suatu nama yang memiliki efek jangka panjang dan tidak dikenal dalam waktu sesaat
  • Kalau targetnya adalah melakukan perdagangan internasional, pastikan kata yang digunakan sesuai dan relevan dengan semua bahasa negara yang ditargetkan
  • Sekali lagi pikirkan pelanggan anda, coba hindari kata yang panjang, rumit dan sulit dimengerti. Dan apabila berencana untuk memasang iklan, maka kata yang simple, unik, dan mudah di mengerti akan menarik perhatian pelanggan.
  • Kalau targetnya hanya pasar lokal, maka berilah nama produk atau jasa bisnis anda sesuai dengan bahasa dan konteks daerah bidikan anda.
  • Memberikan nama produk jauh lebih kreatif dibandingkan dengan nama perusahaan. Karena kalau perusahaan namanya umum, maka akan mudah nantinya untuk mengembangkan produk tertentu yang masih terkait.
  • Bagaimana jika nama yang digunakan sudah terdaftar sebagai milik orang atau perusahaan lain? Jawabnya, kalau tidak ingin melanggar dan dituntut maka lakukan pengecekan di kantor atau tempat kekayaan intelektual, atau tempat yang mengurus merk dagang.


EmoticonEmoticon