Keuntungan Internetan dengan SSH (Secure Shell)

Keuntungan Internetan dengan SSH (Secure Shell)


Bicara tentang internet di Indonesia, mungkin yang terbayang dalam pikiran kita adalah koneksi yang lambat. Dan dilain sisi juga ada yang mengatakan harganya mahal kalau mau internetan cepat. Bahkan banyak promosi dari berbagai provider internet, banyak menawarkan internet murah. Tapi banyak juga yang mengeluhkan internet murah tapi koneksi lambat atau bahkan kuota terbatas dan jumlahnya kecil.

Dari kondisi yang demikian, entah itu sengaja atau tidak banyak kelompok atau individual yang menawarkan internet gratis dengan kecepatan tinggi dan tanpa batas kuota. Atau bahkan dengan berbayar jauh lebih murah dari provider resmi, dengan istilah lain adalah paket premium yang harganya bervariasai hingga mungkin sampai 5ribu rupiah.

Salah satunya adalah penggunaan Secure Shell (SSH). SHH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.

Internetan dengan ssh semakin mudah di cari. Kalau kita masukan keyword “beli ssh”, “jual ssh”, atau mungkin “ssh gratis” maka akan muncul banyak penyedia layanan SSH ini. Mulai dari yang gratisan hingga yang premium atau berbayar.