Ketahui masa subur pada laki-laki dan perempuan

Normalnya pada setiap wanita mengalami menstruasi di hidupnya dan laki-laki mengalami mimpi basah, yang terjadi diantara usia 9 tahun sampai 15 tahun, atau pada masa remaja awal sampai remaja menengah. Tanda-tanda pubertas itu pada perempuan maupun laki-laki ditandai dengan ciri-ciri fisik dan psikologis. Jika ciri-ciri fisiknya pada perempuan bisa ditandai dengan bentuk tubuh yang semakin menonjol, diantaranya mulai munculnya payudara, suara semakin halus, pinggul yang semakin lebar, tumbuhnya bulu-bulu halus di ketiak dan sekitar kemaluan, dll.

Masa subur pada laki-laki dan perempuan


Dan bila ditinjau dari segi psikologisnya adalah mulai mengenal cinta, mulai tertarik dengan lawan jenisnya, dan lain-lain. Jika pada laki-laki, bisa ditandai dengan munculnya jakun, suara yang semakin membesar, dada semakin bidang, tumbuhnya bulu-bulu halus di sekitar kemaluan , dan ketiak dll, dan ditandai dengan mimpi basah.

Pada masa tua, ketidak suburan pada wanita bisa dilihat dengan berakhirnya masa haid atau menstruasi, yaitu menoupause. Menurut Wise,2006. Rata-rata usia pada wanita saat berhenti menstruasi biasanya adalah di usia 51 tahun. Dan pada laki-laki, tidak terjadi hal menoupause ini, karena prosuksi sperma laki-laki berlangsung seumur hidup, sejak dimulai dari mimpi basah. Dan pada wanita, ditemukan masa subur untuk bisa melangsungkan atau mempercepat mempunyai momongan atau bayi. Biasanya terjadi pada h-2 minggu sebelum atau sesudah wanita mengalami menstruasi.


EmoticonEmoticon