Universitas termurah dan termahal di dunia

Saat ini sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan di Indonesia memang mahal. Yang akhirnya banyak yang beranggapan kalau di Indonesia biaya pendidikannya mahal, apalagi diluar negeri mungkin akan jauh lebih mahal dari Indonesia.

Anggapan diatas memang bisa benar dan juga bisa saja salah. Karena memang di luar negeri memang banyak yang memiliki pendidikan yang lebih mahal, tapi juga banyak juga yang biayanya murah.

Kondisi keuangan selalu memainkan faktor penting bagi mereka memutuskan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau tidak. Berikut adalah daftar singkat dari negara  memiliki biaya kuliah yang paling mahal  dan yang termasuk murah (ekonomis) untuk kondisi keuangan yang pas-pasan.


Universitas termurah dan termahal di dunia

Kita mulai dari biaya termahal, sebagai berikut :


 Amerika Serikat

Mungkin tidak mengejutkan untuk Anda, tetapi pendidikan tinggi di Amerika Serikat adalah salah satu yang paling mahal di dunia. Dengan biaya rata-rata biaya sekitar USD $ 28.500 atau 285 juta rupiah per tahun, pendidikan di universitas AS dapat mengeluarkan biaya besar.  Banyak yang mengatakan bahwa sebagian besar universitas AS menawarkan berbagai dana hibah dan beasiswa sehingga Anda mungkin bisa mendapatkan berbagai beasiswa, sehingga tidak perlu membayar penuh biaya tersebut.

Korea

Terlepas dari kenyataan bahwa setengah dari beberapa universitas Korea mengeluhkan akan harga pendidikan yang mahal, dengan program sarjana mulai dari USD $ 2000 - $ 6000 USD  per semester atau antara 20 juta – 60 juta rupiah per semester. Mengakibatkan pendidikan di Korea masih tergolong termahal di dunia.

Inggris

Belajar di Inggris memang tidak murah dan kenaikan biaya tidak menjadi solusi. Dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, siswa di Inggris membayar sebagian  besar dari biaya keseluruhan dari universitas. Tapi disana juga sebagian besar universitas menawarkan bantuan keuangan termasuk beasiswa dan hibah.

Namun jangan berkecil hati dulu, ada juga yang memiliki biaya pendidikan yang relative murah. Diantaranya adalah

China

Ini bukan yang termurah dalam daftar tapi mungkin termasuk masih  jauh dari yang paling mahal. Hal ini bukan strategi rahasia Cina dalam memimpin dunia dalam berbagai sektor termasuk bisnis dan teknologi. Pasar kerja yang sulit akhirnya menjadi alasan untuk memudahkan pendidikan, termasuk dalam biaya yang murah. Yang mengakibatkan mahasiswa disana mampu mendapatkan gelar dengan kemampuan tertentu, dan akan mudah untuk terserap dalam lapangan kerja.

Dengan tarif biaya serendah USD $ 2.000 per tahun atau sekitar 10 juta rupiah per semester,  biaya hidup yang rendah,  pilihan kursus diajarkan dalam bahasa Inggris dan kesempatan untuk mengambil bahasa baru saat study. Cina adalah negara besar dan terjangkau untuk biaya pendidikannya.

Norwegia

Kata pepatah, “tidak ada dalam hidup yang gratis”. Meskipun ada beberapa kebenaran pepatah ini, jika Anda memilih universitas yang tepat di Norwegia, pendidikan Anda bisa benar-benar bebas biaya. Tapi sebelum pergi meninggalkan Norwegia  selama tiga atau empat tahun kedepan, anda harus melakukan beberapa riset. Ada beberapa universitas yang biaya sekitar $ 50 / $ 100 per semester atau hanya 500 ribu – 1 juta rupiah per semester.

Meskipun itu tidak benar-benar gratis, dibandingkan dengan biaya di Inggris itu merupakan hal yang fenomenal murah dan bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan yang terjangkau di negara besar Eropa yang kaya budaya dan sejarah dengan kehidupan malam yang menarik, Norwegia bisa menjadi tempat study untuk Anda.

Austria & Swedia

Belajar di negara-negara seperti Austria hampir bebas biaya untuk beberapa program studi dengan tingkat biaya semester sebesar € 17 per semester.  Jika Austria bukanlah tempat yang tepat untuk Anda, mengapa tidak mencoba Swedia di mana pendidikan tinggi adalah pendidikan gratis bagi siswa Uni Eropa? Namun Swedia juga salah satu yang paling liberal di negara Eropa dan dengan beberapa kesehatan terbaik di dunia.

Finlandia & Denmark

Dengan tidak ada biaya apapun, pendidikan tinggi di negara-negara ini benar-benar gratis. Dan dengan kehidupan malam yang besar, biaya hidup terjangkau, pilihan mata kuliah berbahasa Inggris dan kesempatan untuk mengambil beberapa keterampilan bahasa, belajar di luar negeri dapat membantu meningkatkan prospek pekerjaan Anda.

Namun, ingatlah bahwa banyak negara dengan biaya satu tingkat untuk 'lokal' (seperti mahasiswa Eropa di Eropa) dan satu lagi untuk internasional, jadi jika Anda datang dari Indonesia Anda mungkin berakhir membayar lebih. Pastikan untuk melakukan observasi dahulu sebelumnya dan mencari tahu apakah ada biaya lebih untuk mahasiswa internasional.

Comments