Srategi belajar menjelang ulangan atau ujian

Fokus disini adalah membahas tentang Srategi belajar menjelang ulangan atau ujian. Mungkin banyak pengalaman dalam menempuh pendidikan, diantaranya adalah ketika menempuh ulangan atau ujian. Bahkan untuk ulangan atau ujian adalah suatu hal yang itu ditakuti oleh siswa, yang ditakutkan adalah tidak lulus atau tidak sesuai standart nilai, yang biasa dikatakan dengan nilai jelek.

Srategi belajar menjelang ulangan atau ujian


Banyak siswa yang takut atau tidak siap mendapatkan nilai jelek, namun meski demikian sebenarnya mereka bisa dikatakan tidak siap melakukan ulangan atau ujian itu sendiri.

Banyak faktor yang mungkin menyebabkan siswa tidak siap, bisa jadi karena tidak belajar, mungkin juga cara belajar yang salah, bahkan tidak tahu cara atau strategi belajarnya. Sehingga berikut adalah penjelasan atau tips strategi belajar menjelang ulangan atau ujian.

  • Pertama dan yang paling penting adalah buat belajar menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Mungkin bisa dikatakan belajar seperti bermain. Misalkan bosan dalam membaca buku pelajaran, karena mungkin buku hanya berisi tulisan atau teks semua. Maka buat tidak bosan membaca, dengan memberikan warna tertentu pada tulisan. Dengan memberikan warna merah pada poin paragraph atau materi-materi inti, warna kuning pada setiap pertanyaan, atau warna hijau pada kalimat penjelas materi inti.Karena dengan warna pada setiap poin, akhirnya akan lebih mudah dalam memahami. Dan yang paling penting adalah tidak membosankan.
  • Yang kedua adalah untuk melatih kemampuan dalam menghafal. Karena terlalu banyak yang dihafal, sehingga kadang kapasitas memori dalam mengingat juga terbatas. Sehingga hal ini perlu strategi tertentu, misalnya adalah dengan membuat singkatan yang menyenangkan dan mudah untuk diingat.
  • Dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengingat yang ampuh. Percuma mencatat dengan warna dan membuat singkatan unik, tapi tidak dipelajari. Maka cara mengingat atau mempelajari yang efektif dan menyenangkan adalah, mencoba dengan membaca catatan dan singkatan tertentu dengan intonasi lagu-lagu favorit. Dengan lagu favorit dan liriknya diganti dengan catatan materi ujian, maka akan mudah untuk diucap berulang-ulang dengan harapan tidak membosankan. Dan kalau sudah dilakukan berulang, pastinya akan menancap pada memori dan senantiasa diingat.


EmoticonEmoticon