Reward and punishment dari teori B.F Skinner

Reward and punishment dari teori B.F Skinner


[reward and punishment] Apakah anda pernah mengalami di suatu perlombaan jika anda menang anda akan mendapatkan hadiah? Atau anda pernah melihat anak kecil, yang jika anak itu melanggar aturan atau tidak sesuai norma anak itu akan mendapatkan hukuman? Atau anda pernah melihat seorang ibu yang sedang mengajari anaknya berjalan dan jika berhasil maka akan diberi ciuman oleh ibunya. Dan bahkan mungkin anda sendiri jika melanggar lalu lintas maka anda akan kena tilang oleh polisi?

Ya, itu semua adalah sebagian kecil contoh dari teori salah satu tokoh psikologi behavior yang bernama B.F Skinner. B.F Skinner merupakan salah satu tokoh Psikologi, yang berasal dari Pennsylvania Susquehanna, Jerman. Teori B.F skinner ini sekarang banyak digunakan untuk model pembelajaran di sekolah, pendidikan formal maupun informal serta lingkungan. Dengan teorinya yang bernama “operant conditioning” atau “pengondisian operan”. B.F Skinner menjelaskan bahwa intinya adalah perilaku akan mengahasilkan sebuah konsekuensi yang menghasilkan perubahan dan probabilitas perilaku itu akan diulangi lagi.

Dengan kata lain, bahwa tingkah laku kita dan perilaku kita bisa menghasilkan sebuah reward atau punishment yang tentunya sesuai dengan apa yang kita lakukan. Jika kita melakukan sesuatu yang dianggap baik, maka akan mendapatkan hadiah, dan sebaliknya, jika kita melanggar atau berbuat/berperilaku yang tidak sesuai maka maka akan menhasilkan punishment atau hukuman.