Manfaat kunyit, telur ayam kampung, dan madu untuk demam

Manfaat kunyit, telur ayam kampung, dan madu untuk demam telah lama diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sebelum pengobatan modern muncul, ramuan ini telah digunakan di masyarakat pedesaan. Bagaimana menggunakan kunyit, telur ayam, dan madu untuk mengobati demam? Lanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas untuk memahami lebih dalam manfaat dan caranya. 

Kesehatan, Manfaat buah dan sayur, kunyit, telur ayam kampung, madu, demam, manfaat kunyit, jamu untuk demam,
Indonesia memang kaya akan sumber daya alam. Melimpah berbagai macam tumbuhan dan juga binatang. Dari situ akhirnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan termasuk dalam kesehatan pun, banyak masyarakat yang menggunakan lingkungan sekitar untuk keperluan kesehatan mereka.

Semisal untuk mengobati penyakit demam, maka masyarakat akan memanfaatkan yang ada di sekitarnya. Meski bisa dikatakan masih tradisional, namun cara – cara tradisional tersebut terbukti ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang dialami oleh masyarakat Indonesia.

Untuk penyakit demam, masyarakat memanfaatkan tanaman kunyit yang diperas dan diambil airnya. Kemudian dicampur dengan kuning telur ayam kampong, kemudian diaduk hingga tercampur. Karena rasa dan baunya memang sedikit tidak enak, kemudian ditambahkan juga madu alami sehingga rasanya menjadi enak dilidah.


Meski saat ini sudah berkembang ilmu medis dan pengobatan modern dengan penggunaan berbagai macam obat-obatan, namun penggunaan cara tradisional tersebut masih banyak dijumpai terutama di desa-desa.

Selain tidak ada efek samping seperti obat-obat kimia, dari berbagai penelitiaan membuktikan bahwa memang kunyit, kuning telur ayam kampong dan madu memang menunjukan mampu untuk meredahkan atau mengobati penyakit demam.

Campuran Kuning telur, madu, kunyit dari sisi medis sebenarnya secara garis besar memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik yang akan membuat tubuh lebih segar. Kunyit mempunyai fungsi untuk membantu sel darah merah anda dengan kandungan zat besinya serta memberi tenag. Telur akan memberikan protein (sedikit) dan kolin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan madu baik karena kandungan antioksidan dan antimikrobanya

Banyak orang mengatakan bahwa hal ini disebut sebagai jamu, dan hanya sedikit orang yang menyukai cara pengobatan ini dikarenakan rasa dan bau yang tidak enak. Padahal kalau dibandingkan dengan obat-obatan juga memiliki rasa dan bau yang tidak enak juga. Dan keunggulan lain dari ramuan tradisional atau jamu tersebut tidak memiliki efek samping seperti obat-obatan kimia.

Baca juga : Kunyit, telur dan santan meningkatkan daya tahan tubuh

Image Credit : https://goo.gl/6964bx