Keunggulan ASI (Air Susu Ibu) dari susu formula

Keunggulan ASI (Air Susu Ibu) dari susu formula



Pada jaman sekarang, banyak ibu-ibu muda yang lebih mengutamakan memberikan bayinya susu formula dari pada ASI (Air Susu Ibu ). Banyak alasan kenapa ibu-ibu yang baru melahirkan atau mempunyai bayi tidak memberikan ASI nya, hal itu diungkapkan dengan berbagai alasan. Diantaranya adalah karena sibuk dengan pekerjaan, ada kerjaan yang tidak bsa ditinggal, karena ASI nya tidak keluar, karena body nya tidak ingin melar atau ingin tetap langsing, dan berbagai alasan lainnya.

Padahal, jika anda ketahui bahwa ASI mempunyai peran penting untuk perkembangan kehidupan bayinya kedepannya. Disamping untuk kecerdasan dan kesehatannya, ASI juga berfungsi sebagai pembentuk EQ (kecerdasaan sosialnya). Kandungan dari ASI pun tidak ada yang bisa menandinginya, meskipun susu formula terbaikpun. Karena ASI mengandung sumber nutrisi ideal bagi bayi, dan ASI pun lebih baik dari susu formula, susu sapi, susu kambing, susu kerbau dan lain-lain. Beberapa kandungan gizi yang ada di dalam ASI (Air Susu Ibu) adalah karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Bila dilihat dari segi psikologis, manfaat memberikan ASI kepada bayi diantaranya adalah memperkuat emosional dan kasih sayang antara ibu dan bayi itu sendri. Adanya rasa bahagia, kebanggaan tersendiri karena bisa memberikan ASI kepada sang buah hati. Sang bayi pun merasa nyaman, tentram dan puas karena dalam dekapan ibu, serta merasa kehangatan tubuh ibunya dan bisa mendengar detak jantung ibunya yang ia kenali sejak dalam kandungan ibunya.


EmoticonEmoticon