Kabar gembira, inilah khasiat daun beluntas

Kabar gembira, inilah khasiat daun beluntas


Anda pasti mengenal daun luntas atau beluntas bukan?  Tanaman ini biasanya dibuat pagar oleh sebagian orang di desa. Disamping biasa untuk pagar rumah, beluntas juga biasa dipetik untuk dijadikan bothok luntas, lalapan dan lain-lain. Ternyata daun luntas atau beluntas (Pluchea indica L) ini juga memiliki kasiat lebih.  Kata orang dahulu, jika memakan daun luntas akan menghilangkan bau badan. Itu mitos apa fakta ya?

Ternyata, itu memang benar, dan juga ada kasiat lebih dari daun luntas atau beluntas ini. Diantaranya adalah  untuk obat penurun demam, obat diare dan juga batuk-batuk. Dan jika daun beluntas ini direbus, maka bisa untuk mengobati sakit kulit.

Ada penelitian dari daun luntas atau beluntas sebagai komponen antibakteri dan juga minyak atsiri sebagai zat antioksidan. Antibakteri dalam ekstrak daun beluntas masih dikatakan sedang, namun daun luntas memang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit yang diakibatkan infeksi bakteri. Daun beluntas juga memiliki zat antioksidan. Dan juga daun beluntas bisa menjadi salah satu bahan pengawet makanan dan obat. Hal ini dikarenakan daun beluntas memiliki kemampuan dalam mengambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab keracunan makanan dan bakteri penyebab kerusakan makanan. Daun beluntas pun ternyata bisa digunakan untuk obat radang dan obat diare, karena berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli.


EmoticonEmoticon