Bisnis musiman hewan kurban menjelang Idul Adha


Bisnis musiman hewan kurban menjelang Idul Adha


Menjelang hari raya Idul Adha, umat Islam di Indonesia banyak yang akan berkurban baik berupa kambing ataupun sapi. Dari kondisi itu lah maka banyak muncul penjual hewan musiman yang membuka lapaknya dipinggir jalan, karena memang kebutuhan masyarakat akan kurban sangat besar.

Misalnya saja penjual kambing, yang itu memang orang yang punya ternak di desa. Dan hanya menjelang idul adha kambing-kambingnya dijual. Ada kekhasan dari penjual kambing itu sendiri, mereka banyak yang hanya menyediakan kambing dengan ukuran medium.  Baik ukurannya kecil, sedang (medium), dan ukuran besar semuanya memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban seperti syariat Islam. Misalnya cukup usia, giginya sudah pernah lepas, dan sehat.

Mengapa banyak yang menyediakan ukuran medium atau ukuran sedang? Itu karena mereka menyesuaikan permintaan konsumen. Mayoritas konsumen berfikir kalau membeli kambing yang ukuran besar, menurut mereka terlalu mahal. Dan kalau ukuran kecil, itu menurut mereka tidak pantas meski harganya murah. Sehingga ukuran sedang yang banyak dicari orang.

Misalnya kalau jarak minimal untuk ukuran kecil adalah 1,5 juta dan harga ukuran besar adalah 3 juta. Maka yang banyak dicari orang adalah kambing dengan ukuran sedang, dengan harga sekitar 2 juta. Karena secara ukuran juga pas dan pantas, dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Memang banyak peternak yang itu memanfaatkan moment idul adha untuk menjual hewan kurbannya. Mereka selama 1 tahun memelihara kambing di desa, dan menjelang idul adha mereka membuka stan atau lapak mereka di kota.


EmoticonEmoticon