Apa itu obat herbal? Inilah fakta-faktanya


Obat herbal adalah obat yang berasal dari tumbuhan. Banyak tumbuhan yang bisa digunakan untuk obat herbal baik yang liar ataupun yang dibudidayakan.  Obat herbal dikenal sebagai obat tradisional dan sering juga bahannya berasal dari bagian hewan, mineral. Bahkan banyak juga campuran antara ketiganya yaitu tumbuhan, hewan dan mineral.

Apa itu obat herbal? Inilah fakta-faktanya


Banyak negara yang masih menggunakan obat herbal untuk pengobatan manusia diantaranya adalah negara-negara asia seperti Indonesia, Cina, Jepang, Arab, India, serta negara-negara di Afrika.  Penggunaan obat herbal tersebut telah digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Bahkan obat herbal juga ada yang dikenal di dunia yaitu Pemanfaatan tanaman family Zingiberaceae sebagai obat untuk penyakit kanker hati dan beberapa penyakit kanker yang lain.

Secara ideal, pemanfaatan obat herbal juga dimanfaatkan seperti obat modern, dengan syarat harus diuji tentang kualitas dan keamanannya juga. Misalkan dengan melakukan uji toksikologis, yang bertujuan agar masyarakat tidak dirugikan karena tidak ada manfaat yang bisa diambil dari obat herbal tersebut. Sehingga pemanfaatan obat herbal yang telah memenuhi syarat dapat di integerasikan dalam pelayanan kesehatan formal.

Hal ini bermanfaat untuk menunjang kekurangan obat modern, terutama di wilayah-wilayah yang jauh dari perkotaan. Sehingga mereka dapat menikmati pengobatan yang layak seperti masyarakat kota. Selain itu mungkin bisa dikembangkan di daerah pedesaan, karena disana kemungkinan besar tersedia berbagai bahan obat hebal.