Alasan kenapa pengguna internet harus cerdas ?


Kenapa pengguna internet harus cerdas ?

OPINI - Dari pengamatan yang kami lakukan,  khususnya di Indonesia banyak orang dalam banyak kasus mengatakan bahwa berbagai informasi bisa didapat dari google. Mereka menganggap google mampu memenuhi kebutuhan informasi mereka, dengan melakukan googling maka apa yang mereka tidak tahu akan menjadi tahu, yang awalnya tidak bisa akan menjadi bisa.

Bagi yang sedang melakukan study baik yang masih sekolah ataupun kuliah, banyak diantara mereka yang menjadikan sumber informasi dari google sebagai referensi utama mereka. Misalnya untuk mengerjakan tugas karya ilmiah, mereka menggunakan berbagai sumber dari website atau blog yang tersedia di halaman pertama google.

Sebenarnya bukan masalah menjadikan sumber informasi yang tersedia di internet untuk dijadikan referensi utama. Namun sebelum digunakan seharusnya dibaca dan di analisa tentang kebenaran atau valid tidaknya informasi tersebut.

Namun yang terjadi saat ini adalah orang-orang langsung menggunakan informasi yang tersedia di halaman awal google. Dengan mengetik apa yang ingin mereka ketahui, mereka langsung menggunakan yang tersedia dari hasil pencarian google, tanpa dianalisa kebenarannya.

Hal tersebut disebabkan orang-orang menganggap bahwa informasi di internet itu benar. Padahal dalam kenyataannya, informasi yang tersedia di internet masih dalam kategori campur aduk, banyak informasi benar dan salah juga tersedia disitu.

Kalau informasi yang diambil merupakan informasi yang benar mungkin tidak menjadi masalah. Justru yang menjadi masalah ketika informasi yang digunakan adalah informasi yang salah. Efeknya adalah pengguna informasi tersebut akan menerima dan menggunakan informasi yang salah dalam hidupnya, yang pasti kalau informasi tersebut salah kemungkinan besar akan menyesatkan hidup.

Kemudian, dampak bagi orang lain juga ada. Ketika informasi yang salah tersebut disampaikan ke orang lain, maka orang lain “yang tidak bijak” akan menerima informasi tersebut mentah-mentah. Dan akhirnya menggunakan pengetahuan yang salah dalam hidupnya.

Sehingga menggunakan informasi dari internet yang bijak adalah dengan membaca terlebih dahulu informasi tersebut. Kemudian analisa tentang kebenaran dan valid tidaknya informasi tersebut. Misalnya dengan membandingkan dengan informasi yang sama tapi di sumber yang selainnya. Sebenarnya masih banyak cara untuk melakukan validasi informasi, namun dalam hal ini penekanannya yaitu pengguna internet harus cerdas, tidak asal menggunakan informasi yang tersedia.


EmoticonEmoticon