langkah-langkah ber - inovasi dalam bisnis

[caption id="" align="alignnone" width="503"]inovasi dalam bisnis inovasi dalam bisnis[/caption]

Sebelumnya sudah dibahas tentang apa itu inovasi . Namun pertanyaannya adalah Bagaimana tahapan dalam melakukan inovasi ?


Berikut adalah langkah-langkah berinovasi  dalam bisnis :




  1. Melakukan analisis lingkungan pasar, ketahui  apa yang diinginkan oleh konsumen  beserta kebutuhannya. Dan yang penting juga adalah ketahui siapa pesaing  bisnisnya, serta bagaimana cara yang mereka lakukan untuk  “mencuri” perhatian konsumen.  Terbuka untuk ide-ide baru dan adaptif terhadap perubahan, merupakan hal yang penting untuk bisa melakukan hal ini, prinsipnya adalah peka terhadap perubahan.



  1. Mengembangkan rencana strategis yang responsive  yang meliputi inovasi sebagai proses bisnis utama di seluruh bisnis. Sehingga rencana bukan bersifat normative, tapi di dalam pembuatan perencanaan strategi tersebut juga mempertimbangkan prinsip inovasi.



  1. Inovasi dalam kepemimpinan, merupakan melatih dan memberdayakan SDM  untuk berpikir inovatif dari atas ke bawah.  Kepemimpinan inspirasional dan memotivasi adalah suatu bentuk yang mendorong inovasi dalam bisnis. Yang akhirnya akan mampu menjadi contoh SDM agar melakukan inovasi juga dalam bekerja.



  1. Selalu menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan karyawan untuk menghasilkan ide-ide untuk meningkatkan proses,  produk dan jasa baik secara internal maupun eksternal. Karena dari adanya hubungan baik tersebut akhirnya muncul masukan-masukan dari eksternal, sehingga hal ini akan menjadi poin evaluasi dan perbaikan dalam bisnis.



  1. Mencari referensi baik dari ahli atau buku dan teori tertentu. Memanfaatkan sumber daya yang tersedia,  penasihat bisnis  dan bantuan untuk mendorong inovasi dalam bisnis. Ini mungkin termasuk mencari  Kekayaan Intelektual  dan perlindungan bagi komersialisasi ide-ide, agar tidak melalukan pelanggaran dan terjerat kasus hokum. Selain itu juga bisa otodidak belajar sendiri, dari pengalaman orang lain, buku referensi, dialog dengan ahli sehingga mampu memunculkan perbedaan yang khas untuk bisnis tertentu yang bulum digunakan oleh pesaing.