Inilah upaya China dalam memberantas narkoba

Upaya China dalam memberantas narkoba



Dalam tulisan Anak Jackie Chan “ Jaycee”  tersandung kasus narkoba, kita tahu bahwa peran artis sangat besar dalam penyebaran narkoba. Karena artis memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat, terutama fans-nya. Kemungkinan besar potensi perilaku artis akan ditiru oleh penggemarnya, termasuk ketika artis menggunakan narkoba.

Mr.Chan, yang ayahnya Jackie yang telah di nobatkan sebagai  duta pengendalian narkoba oleh kepolisian China pada tahun 2009, sedang berada di bawah tahanan criminal,  dengan dugaan kejahatan "memberikan tempat berlindung bagi orang lain untuk menyalahgunakan obat", kata polisi Beijing.

Jika terbukti bersalah, ia menghadapi hukuman penjara maksimal tiga tahun.

Mr Ko, aktor Taiwan dan juga berprofesi sebagai penyanyi, memenangkan penghargaan aktor terbaik baru pada tahun 2011 di penghargaan film Golden Horse, yang dikenal sebagai piala Oscar dari industri film berbahasa Cina. Dia juga memenangkan Chinese Film Media award  untuk perannya dalam film "You Are the Apple of My Eye".

Dituduh mengkonsumsi obat-obatan, Mr Ko ditahan dua minggu. Perusahaan manajemennya Star Ritz Productions mengatakan.

"Saya merasa sangat menyesal, sangat menyesal kepada semua orang yang mendukung saya. Saya sudah menjadi contoh yang sangat buruk, saya telah membuat kesalahan yang sangat besar," katanya dalam sebuah wawancara yang disiarkan di televisi negara China, Selasa.

Polisi Beijing juga mengatakan dua orang lain, seorang asisten 36 tahun dan agen penyalur artis 33 tahun, ditahan dalam insiden ini.

Perusahaan manajemen Mr.Chan M'Stones International meminta maaf atas namanya untuk dampak sosial yang disebabkan atas hal ini, dan mengatakan mereka akan mengawasi rehabilitasi dan membantunya kembali ke jalan yang benar.

Ayahnya Jackie belum mengomentari insiden tersebut namun,  humasnya mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa Mr.Chan telah melakukan perjalanan ke Beijing untuk menangani penangkapan anaknya.