Inilah pesona budaya Majapahit di Mojokerto


Inilah pesona budaya Majapahit di Mojokerto

Anda pasti tahu tentang candi Borobudur sebagai 7 keajaiban dunia sekaligus tempat ibadah agama Budha. Anda juga pasti kenal dengan candi prambanan dengan ceritanya Ramayana dan tempat ibadah agama hindu. Tapi, apakah anda tahu candi-candi seperti candi bajang ratu, candi tikus, candi brahu, candi waringin lawang dan lain-lain? Candi-candi yang disebutkan diatas tadi adalah sebagian kecil dari pesona budaya yang berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia.

Jika anda tinggal di Indonesia, pastilah anda mengerti kerajaan Majapahit yang mempunyai patih bernama Gadjah Mada yang bersumpah akan mempersatukan nusantara bukan. Dari sumpah maha patih gadjah mada tersebut, nusantara berhasil dikuasai oleh Majapahit, dan tidak sampai pada itu, sebagian Negara tetangga juga bekas dari kekuasaan Majapahit. Peninggalan-peninggalan dari kerajaan Majapahit yang sebagian besar masih utuh dan bersejarah ada pada kabupaten Mojokerto, jawa timur.

Di Mojokerto, jika anda berkunjung ke daerah trowulan atau lebih tepatnya kecamatan trowulan, kabupaten Mojokerto, anda akan melihat sebagian kecil dan bukti keagungan kerajaan Majapahit yang pernah ada di Indonesia. Berbagai candi dan situs peninggalan jaman Majapahit, dan juga makam dari sesepuh wali songo (wali sembilan) syeh abdul khadir jaelani juga berada di daerah trowulan, Mojokerto. Dan juga terdapat makan dari putri campa, makam panjang dan lain-lain.

Di Mojokerto juga, lebih tepatnya didaerah perning, kecamatan jetis kabupaten Mojokerto, pernah ditemukan fosil manusia purba yang bernama Pitechanthropus mojokertensis atau Pithecanthropus Robustus. Yang sekarang fosil tersebut ada di museum trowulan bersama peninggalan-peninggalan sejarah Majapahit serta artefak-artefak yang ditemukan.

Jika anda di Mojokerto juga, jangan lewatkan potensi wisata yang harus anda lirik, mulai dari makanan khasnya, yaitu onde-onde, dan juga anda akan mendapati banyak home industri krupuk rambak/krecek rambak yang berada di daerah bangsal, dan juga kripik kering dari berbagai umbi-umbian yang berada di kawasan pacet, kabupaten Mojokerto. Dan juga jangan lewatkan soal wisata alam yang ada di Mojokerto, mulai dari pemandian air panas, outbond di hutan daerah pacet, dan juga air terjun yang berada di jalur pegunungan cangar Mojokerto dengan batu-malang. Mojokerto kabupaten bersejarah, dengan potensi wisata yang luar biasa.


EmoticonEmoticon