Keunikan Unimog

Keunikan Unimog


3 Buah Unimog atau truk kecil ala militer diamankan polisi. 3 Unimog itu milik pendukung Prabowo yang sebelumnya dipakai untuk menggilas kawat duri.

Pantauan di lokasi, Kamis (21/8/2014) sore, 3 Unimog itu ditepikan di dekat Patung Kuda. Sejumlah petugas kepolisian berjaga. Unimog itu disita dari sejumlah ormas yang ikut aksi mendukung ke MK. (Sumber : DETIK.COM)
Untuk lebih detail tentang  bagaimana Unimog tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Unimog adalah truk multi guna dengan ukuran menengah dan menggunakan penggerak 4 roda yang diproduksi oleh Mercedes-Benz, sebuah divisi dari Daimler AG. Di Amerika Serikat dan Kanada, Unimog dijual dengan nama Freightliner Unimog. Nama Unimog diucapkan [?u?n?m?k] di Jerman dan merupakan singkatan dari bahasa Jerman "UNIversal-MOtor-Gerät",  Gerat menjadi kata Jerman untuk merujuk pada mesin atau perangkat. Daimler Benz mengambil alih pembuatan Unimog pada tahun 1951 dan mereka saat ini membangun pabrik truk Mercedes di Wörth am Rhein, Jerman.  Jenis lainnya seperti Mercedes-Benz Türk A.?, merakit Unimogs di Aksaray, Turki. Unimogs juga dirakit di Argentina sampai tahun 1980-an, di pabrik González Catan.

Karena kemampuan off-roadnya, Unimogs dapat ditemukan di hutan-hutan, gunung dan padang pasir sebagai kendaraan militer, pemadam kebakaran, ekspedisi berkemah, dan bahkan dalam kompetisi seperti percobaan truk dan Reli Dakar. Di Eropa Barat, biasanya digunakan sebagai kendaraan saat salju, operator peralatan kota, alat pertanian, peralatan konstruksi dan pengangkut kendaraan di jalan rel.

Unimogs dapat dilengkapi dengan alat mounting bracket  depan dan belakang dan koneksi hidrolik untuk memungkinkan bucket loaders and hydraulic arms yang akan digunakan. Hampir semua unit memiliki kekuatan lepas landas (PTO) koneksi untuk mengoperasikan peralatan rotary seperti sapu salju, blower salju, mesin pemotong, atau ban berjalan stasioner.

Unimogs memiliki ground clearance yang sangat tinggi dimungkinkan oleh gigi portal yang memungkinkan as roda dan transmisi lebih tinggi dari pusat ban.  Unimogs juga memiliki bingkai fleksibel yang memungkinkan ban berbagai gerakan vertikal untuk memungkinkan truk nyaman dalam berkendara di medan sangat terjal, bahkan batu-batu dari satu meter tingginya. Mereka dilengkapi dengan kemudi  visibilitas tinggi  untuk memungkinkan operator untuk melihat medan dan lebih mudah memanipulasi alat dipasang. Model Unimog terbaru dapat diubah dari kiri drive ke kanan drive di lapangan untuk mengizinkan pengguna  untuk bekerja pada sisi yang lebih nyaman truk. Kemampuan untuk beroperasi di jalan raya memungkinkan Unimog dibawa pulang ke garasi rumah. (WIKIPEDIA.COM)

Source : detik.com & wikipedia.com


EmoticonEmoticon