Berbagi tips memilih pendidikan untuk Anda

Berbagi tips memilih pendidikan untuk Anda


Mau sekolah di tingkat atas di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madarasah Aliyah (MA) dan sederajat lainnya?

Jangan bingung, jika kalian ingin mengembangkan keahlian, SMK adalah pilihannya, selama ini, motto dari SMK adalah SMK bisa! Yaah, motto ini beberapa tahun yang lalu terus dilontarkan oleh kemendikbud dalam mempromosikan SMK. Kalau dilihat dari jumlahnya, sekrang SMK siswanya lebih banyak daripada SMA dan MA. Mungkin dikarenakan SMK itu menghasilkan Sumber Daya Manusi (SDM) yang ahli, juga dalam mendapatka pekerjaan setelah lulus sekolah lebih mudah dan mempunyai keahlian dalam bidang tertentu yang dipelajari dalam jurusan di SMK. Disamping SMK di iming-imingi dengan prospek keahlian setelah lulus, SMK juga masih bisa melanjutkan dalam hal kuliah, jadi tidak hanya SMA, MA dan sederajat aja yang bisa menimba ilmu dalam hal perguruan tinggi.

Membicarakan soal perguruan tinggi negeri, banyak jalur yang bisa diakses oleh siswa siswi yang masih berada dalam SMA, MA, SMK dan sederajat. Diantaranya yaitu jalur seleksi yang diadakan oleh kemendikbud, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur umum dan bidik misi bagi siswa yang tidak mampu dalam hal financial, dan juga ada Seleksi Bersama Mauk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga ada jalur umum dan juga bidik misi, bedanya, jalur ini, alumni tahun lalu masih boleh ikut, sedangkan SNMPTN khusus untuk siswa siswi SMA, MA, SMK dan sederajat yang duduk di kelas 12.

Jika belum berhasil, masih ada jalur mandiri di tiap PTN, bagi yang ingin kuliah atau menimba ilmu di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jalur mandiri ini sudah tidak ada campur tangan kemendikbud lagi, dan jalur ini diserahkan oleh PTN masing-masing dan termasuk kebijakannya. Jika belum lolos, masih ada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang biasanya membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan waktu yang lebih lama. Namun, sebelum SNMPTN, biasanya Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN) dan (PTS) telah membuka jalur undangan prestasi, biasanya dengan D3, D1 dan lain-lain. Sehingga para siswa yang duduk di kelas 12 sudah mempersiapkan diri.

Dan jangan khawatir untuk teman-teman, atau adik-adik yang belum lolos PTN, jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan, dan juga untuk yang belum lolos semuanya, bisa mencoba SBMPTN tahun depan. Bagi yang diterima di PTS, jangan berkecil hati ya, karena apapun tempatnya, yang penting kualitas diri kita bisa semakin optimal. Dan jangan menganggap bahwa PTN lebih baik dari PTS. Karena menurut saya, dimanapun tempat kita belajar, kampus/sekolah adalah hanya penunjang kemampuan kita. Usaha, softskill, kualitas dan kualitas diri sendiri akan ditentukan oleh kita sendiri. Dan persiapkan diri yang matang, manfaatkan waktu dan tetap semangat / menjaga motivasi diri .


EmoticonEmoticon