Alasan Mengapa ular tidak jatuh saat dipohon

Mengapa ular tidak jatuh saat dipohon ?


Beberapa ular tampaknya sedikit ketakutan, karena penelitian menemukan ketika memanjat pohon, ular berpegangan erat.

Para peneliti menemukan ular menggunakan kekuatan yang lebih besar untuk batang pohon untuk pegangan. Penemuan ini menunjukkan reptil lebih memilih untuk bermain aman.

Dibandingkan dengan bergerak horizontal di tanah datar, memanjat permukaan vertikal atau miring memang termasuk kesulitan tersendiri bagi hewan ini. Kunci untuk gerakan ini adalah menemukan cara untuk mencegah tubuh agar tidak tergelincir ke bawah, dan setiap binatang pasti memiliki solusi masing-masing atas permasalahan ini.

Misalnya, banyak mamalia menggunakan kuku mereka untuk berpegang pada pohon, sementara beberapa kadal dan katak pohon hanya menempel pada permukaan dengan menggunakan bantalan kaki khusus, yang berisi rambut-rambut kecil yang menghasilkan kekuatan elektrostatik jarak pendek (disebut Waals van der) dengan molekul permukaan ini. Tapi hewan lain sulit melakukan adaptasi ini, dan hanya dapat bertahan melalui gesekan yang dihasilkan otot.

Ular juga menggunakan gesekan untuk mendaki permukaan curam. Lebih khusus, bergantian antara kontraktor dan memperluas tubuh mereka dalam gerakan yang disebut gerak berduri. Pada dasarnya, bagian tubuh akan memiliki  statis pada apapun yang dicengkeram, dan bagian lain dari tubuh akan memperpanjang ke depan.


EmoticonEmoticon