Beginilah strategi pemasaran dengan blog competition

Beginilah strategi pemasaran dengan blog competition


Mungkin selama ini anda sering tahu tentang lomba atau kompetisi menulis baik di blog atau website. Bahkan hadiah yang disediakan bagi pemenang juga cukup besar. Namun ada syaratnya yaitu tulisan harus sesuai dengan tema tertentu, yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Syaratnya mungkin tidak cukup hanya dengan tema khusus yang disediakan oleh penyelenggara. Bahkan sering kali diminta menyantumkan link website penyelenggara, atau juga dengan menampilkan gambar yang disediakan oleh penyelenggara. Entah itu tentang produk barang, event, atau  promosi hal-hal tertentu.

Metode ini mungkin cukup efektif, buktinya tidak satu atau dua perusahaan yang menggunakan metode ini untuk mempromosikan produk-produk mereka ke masyarakat, khususnya melalui media internet. Dan yang pasti tujuan utama yaitu agar produk akan dikenal, serta website utama penyelenggara akan banyak dikunjungi oleh konsumen mereka.

Dengan mengeluarkan “sedikit” dana sebagai hadiah, mungkin hal itu bukan kerugian. Karena anggaran dana yang dikeluarkan akan diganti dengan keuntungan yang selainnya yaitu :

  1. yang pertama backlink gratis dari peserta kompetisi menulis blog atau website. Backlink ini yang akhirnya akan mempengaruhi kekuatan website, agar mampu bersaing dalam search engine seperti google.

  2. Yang kedua juga potensi tulisan atau link yang dipasang di blog atau website peserta, akan dibaca oleh banyak orang serta link tersebut akan mengarahkan pengunjung blog atau website ke website penyelenggara.

  3. Yang ketiga  kalau peserta yang ikut kompetisi memiliki blog atau website dengan trafik pengunjung yang tinggi, maka potensinya juga besar pengunjung blog mereka akan diarahkan ke website penyelenggara.

Hal ini mungkin hampir sama dengan sistem periklanan. Sistem iklan yaitu dengan membayar penyedia iklan, dan gambar atau link kita dipasang di website atau blog orang lain. Yang akhirnya juga membawa pengunjung blog atau website orang lain ke website pengiklan.

Namun pastinya kedua metode ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.  Banyak faktor lain yang menyebabkan kesuksesan dalam melakukan bisnis, baik melalui online ataupun offline.


EmoticonEmoticon