Peluang usaha Kelanting

Peluang usaha Kelanting



Biasanya ada penjual keliling di desa atau di pasar yang menawarkan jajanan ini. Murah dan enak itu mungkin ungkapan yang patut diberikan untuk makanan yang satu ini. Isi dari kelanting sendiri biasanya ada lepet(ketan yang dibungkus daun kelapa), puli (nasi yang ditumbuk lalu dikasih bumbu), blendung (jagung ghodok yang dicampur dengan parutan kelapa), dan juga kelanting(terbuat dari tepung singkong , diberi pewarna makanan dan di plintir). Kelanting ini biasanya disajikan menggunakan pencok (daun pisang yang dijadikan wadah dengan ditusuk kayu kecil), kelanting ini juga diberi taburan kelapa parut juga diatasnya, dan diberi saus gula jawa yang kental. Selain rasanya enak,  harganya juga murah, dan mengenyangkan bagi yang kangen dengan makanan tradisional.

Di lain sisi, Kelanting ini juga bisa menjadi peluang bisnis bagi banyak orang. Kelanting yang merupakan makanan khas orang Jawa memiliki bahan-bahan yang mudah didapatkan terutama di daerah pedesaan. Bahan utama yaitu singkong yang banyak didapatkan di pedesaan bisa di sajikan dalam bentuk sederhana. Hal ini mampu mengobati rasa kangen masyarakat kota yang mungkin mayoritas adalah perantau yang sulit menemukan makanan kelanting di kota.

Sehingga dengan demikian maka segment pasar tersebut menjadi peluang. Dan juga hal ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa penghasil bahan-bahan yang dibutukan dalam pembuatan kelanting itu sendiri. Karena selama ini masyarakat yang hanya menjual singkong, kelapa, dan lain sebagainya dengan harga murah, disini dapat langsung dipasarkan dalam bentuk olahan bukan barang mentah lagi.


EmoticonEmoticon