Mars Curiosity Rover Sang Penjelajah Mars

Mars Curiosity Rover Sang Penjelajah Mars



Penjelajah Mars - 45 tahun silam pertamakali manusia mendarat di luar angkasa. Dan terus berkembang hingga saat ini untuk memenuhi rasa ingin tahu manusia tentangluar angkasa. Tidak hanya bulan, namun planet yang selainnya juga menjadi sasaran rasa ingin tahu manusia, misalnya planet mars yang dianggap memiliki kesamaan karakter dengan bumi. Untuk menjelajah suatu planet digunakan  alat yang dinamakan curiosity. Curiosity adalah robot penjelajah yang berukuran seperti mobil. Misalnya untuk menjelajahi kawah Gale di Mars.  Berikut adalah penjelasan bagian dari Mars Curiosity rover :

  1. The Mast

Berdiri tegak setinggi tujuh meter,  sedikit lebih pendek dari pemain basket NBA yang tertinggi. Curiosity NASA memiliki medan yang cukup spektakuler dalam visinya di planet merah. Pada bagian ini sebenarnya kepala dan leher, yang lebih dikenal dengan “The Mast”,  yang memiliki tujuh dari 17 kamera yang ada pada robot ini.

  1. Rems

Mars menjadi hal yang paling populer untuk eksplorasi manusia di ruang angkasa. Para ilmuwan tentu ingin tahu seperti apa cara manusia menghadapi cuaca jika kita hidup di Mars suatu hari, itulah sebabnya mengapa Curiosity  dibangun di stasiun cuaca yang disebut "Rover Environmental Monitoring Station"  yang  disingkat  "Rems".

  1. UHF  Antenna

Dengan jarak antara Bumi dan Mars sekitar 225 juta kilometer, akhirnya curiosity rover mampu mengirimkan ke bumi hasil pengukuran dan sampel yang telah diambil. Jadi bagaimana kita mendapatkan informasi kembali di Bumi? Jawabannya  dari mulut Curiosity ini.

Antena UHF juga dikenal sebagai antena radio, dimana rover mentransmisikan data yang besar ke orbit planet. Orbit ini berada di orbit bumi, yang dapat menyampaikan informasi kembali ke bumi lebih cepat dari pada dikirimkan langsung dari mars curiosity rover ke bumi.

  1. Body

Mungkin bagian yang paling penting dari Curiosity adalah body atau badan robot. Rover Perlu pelindung untuk melindungi bagian-bagian komputer, peralatan elektronik danhard drive dari lingkungan Mars. Sistem kekuatannya yang terletak di bagian belakang lebih tinggi dari tanah sehingga untuk menghindari tabrakan dengan medan berbatu.

Bukan hanyabatu dan pasir,  bahwa para ilmuwan menjaga sekitar Curiosity. Suhu rata-rata Mars lebih dingin dari pada di Bumi  sekitar minus 80 derajat F (minus 60  derajat Celcius ), sehingga badan rover dirancang untuk kelebihan panas darioperasi sistem tenaga listrik untuk menjaga avionik dan perlengkapan interior tetap berfungsi.

  1. Arm

Curiosity memiliki lengan robot tujuh kaki yang mirip dengan lengan manusia, memiliki bahu, siku dan pergelangan tangan sendi . Yang berarti Curiosity cukup fleksibel, dengan lima derajat gerakan, memungkinkan para ilmuwan untuk manuver instrumen robot dengan tepat

Bukan hanya itu tetapi rover cukup kuat juga. Dimana banyak peralatan untuk menganalisa adanya kehidupan, dan berat alat tersebut yaitu  73 ponds (33 kg).

  1. Turret

Pada akhir lengan robot adalah tangan  atau turret, yang memiliki beberapa fungsi termasuk satu sekrop tanah, kamera close-up dan peralatan yang dirancang untuk mendeteksi kondisi layak huni untuk kehidupan mikroba.

Satu alat meneliti apakah sesuatu itu yang diambil bisa berhubungan dengan air, sedangkan bagian lain dari peralatan mengevaluasi keberadaan senyawa berbasis karbon, yang bisa menandakan kehidupan yang potensial.

  1. Legs & weels


Ketika Curiosity dirancang oleh insinyur NASA, yang diperlukan untuk memastikan bahwa kakinya mampu menahan dampak pendaraatan dengan roda, sebelum melakukan navigasi medan berbatu, pasir permukaan planet. Untuk itu, mereka membuat rover tangguh dengan enam tabung titanium, kaki dan roda terbuat dari aluminium dan titanium pegas melengkung untuk mengatasi goncangan.

Setiap roda memiliki motor sendiri dan ukuran diameternya 20 inci, yang berarti Curiosity lebih mampu melintasi permukaan kasar sekaligus. Dan juga memiliki empat roda kemudi sehingga dapat menyimpang dan mampu menggali lubang untuk menyelidiki bawah permukaan.

Informasi lengkap klik cnn


EmoticonEmoticon