Hashtag #RamadanProblems menyambut Ramadhan di sosial media

Hashtag #RamadanProblems menyambut Ramadhan di sosial media


Ramadan dimulai akhir pekan lalu dan Muslim di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Ribuan orang telah berbagi pengalaman mereka menggunakan hashtag #RamadanProblems. Ini adalah tren yang berjalan tepat di Twitter, Instagram, Facebook, Vine dan banyak lagi.

Sama seperti penggunaan hashtag #FirstWorldProblem, banyak dari tweet yang bernada. " Ini tentang Muslim yang sedang berpuasa yang tidak menganggap diri mereka terlalu serius," kata Uzma Atcha dari Dubai, yang telah menggunakan hashtag, "Ini semacam menunjukkan kepada dunia bahwa kita orang-orang biasa,  kita melalui perjuangan yang sama ."

Hashtag ini pernah muncul meski hanya sementara,  tapi setelah itu "meledak di Twittersphere" tahun ini, katanya. AS, Inggris, Pakistan, Kanada dan Uni Emirat Arab adalah negara-negara atas dengan menggunakan hashtag yang sama.

Beberapa berbagi tips dan saran praktis. Beberapa diskusi ini ditujukan untuk membantu non-Muslim mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari Ramadan. Tapi mungkin tidak mengejutkan, sejumlah besar percakapan adalah tentang kelaparan.

Ada banyak tren Ramadhan besar tahun ini. Istilah "Selamat Puasa" telah digunakan hampir 200.000 kali, misalnya.

Media sosial membangun rasa bangga dan komunitas di antara umat Islam di seluruh dunia pada Ramadan, kata seorang wartawan dan kritikus budaya Laila Alawa, yang menyelenggarakan diskusi tentang hashtag # RamadanProblems.

Aplikasi Ramadan tak terhitung jumlahnya telah diluncurkan. Ada Twitter yang menangani Tips  Ramadhan dan halaman Facebook  “Produktive Muslim” dengan lebih dari satu juta "likes". Banyak masjid dan cendekiawan Muslim menggunakan media sosial secara luas.

Twitter juga telah memperkenalkan Ramadhan "hashflags", mirip dengan yang digunakan di Piala Dunia. Jika Anda menggunakan #Ramadan atau  #IdulFitri dalam bahasa Inggris atau Arab, ikon bulan sabit atau kaligrafi Arab muncul di sebelah hashtag.