Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival


Dieng Culture Festival (DCF) adalah kegiatan kebudayaan yang di adakan oleh dieng pandawa atau kelompok sadar wisata yang bertujuan untuk mempertahankan budaya dan tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Beragam pertunjukan seni tradisional, hingga upacara ritual pemotongan rambut anak gimbal diselenggarakan dalam DCF sebagai upaya mempertahankan tradisi sekaligus ikon wisata budaya di Dieng. Budaya masyarakat Dieng yang masih menghormati adat istiadat yang ditinggalkan leluhur memberikan suasana sakral dan mistik pada setiap acara ritual yang diselenggarakan oleh masyarakat Dieng.

Rambut gimbal adalah fenomena unik yang terjadi di dataran tinggi Dieng, dimana selalu ada anak di dataran Tinggi Dieng, yang pertumbuhan rambutnya menggimbal, dan hanya bisa dipotong dalam sebuah acara ritual yang sakral. Bila rambut anak gimbal dipotong tidak secara ritual, niscaya rambut gimbal akan terus tumbuh-menggimbal. Acara khusus ritual pemotongan rambut gimbal ini bisa disaksikan dalam Dieng Culture Festival.

Dan bagi para wisatawan yg ingin menyaksikan acara DCF tersebut yg diadakan setiap 1 tahun sekali, Kami selaku panitia pelaksana membuka pendaftaran untuk acara DCF tersebut, pilihan paket bagi para wistawan yang ingin menyaksikan rangkaian acara DCF 5.


Source : tumpah ruah dieng culture festival 5


EmoticonEmoticon