Beberapa hal yang bisa dijumpai dalam pasar malam

Beberapa hal yang bisa dijumpai dalam pasar malam


Kalau kita ke pasar malam mengajak teman atau sanak saudara basanya dengan : ayok kita lihat “dermulem” atau permainan kincir angin. Naah,  Dulu, kalau kita ke pasar malam pasti bertemu dengan yang namanya tong edan, tongedan adalah sebuah permainan acrobat sepeda motor yang sepeda motornya bisa berputar- putar dalam ruangan bulat sampai naik ke atas tembok kayu yang telah dipasang, dan orang-orang biasa menyebutnya dengan sebutan tong edan. Mungkin karena tempat atraksinya sebuah ruangan bulat seperti “tong” dan atraksinya membuat merinding dan deg deg-an para penontonnya “edan” atau artinya adalah “gila”.  Atau  mungkin juga yang edan adalah pemain akrobatnya.

Pasar malam pun sendiri didalamnya terdapat banyak permainan dan mulai beroperasi pada saat menjalang malam. Misalnya dermulem/kincir angin, permainan  pesawat terbang, kereta mini, keranjang udara, kuda putar, ombak air duduk dan masih banyak permainan lainnya. Dan  biasanya pula terdapat banyak makanan, biasanya ada martabak, es, dan lain-lain. Pasar malam pun biasanya dijumpai di lapangan bola yang biasanya luas. Namun, sayangnya sekarang keberadaan pasar malam sangat jarang dijumpai. Dan ada pun itu hanya pasar malam kecil, permainannya pun sudah berkurang, dan juga para pengunjungnya.

Pasar malam sekarang tidak seramai dulu, yang bisa dibilang “wah”. Mungkin ini terjadi karena permainan-permainan modern di kota lebih menarik, murah dan selalu ada mulai pagi hingga malam. Dermulem / permainan kincir angin pun pada pasar malam sekarang bisa dikatakan sulit dijumpai lagi.

Comments