Apakah pesawat berbentuk paus akan menjadi pesawat masa depan ?

Apakah pesawat berbentuk paus akan menjadi pesawat masa depan ?


Sebuah Airbus A380 di bandara masih dapat membuat kegembiraan besar.  Raksasa, pesawat double-decker dapat menampung antara 500 dan 850 orang, tergantung pada seberapa banyak ruang yang diberikan kepada ruangan hemat kelas ekonomi, dan berapa banyak penumpang  membayar yang lebih tinggi dengan semua yang ruang ekstra. Ini adalah raksasa penerbangan, pesawat penumpang terbesar yang pernah tercatat terbang langit.

The AWWA Sky Whale adalah pesawat konsep dari desainer Spanyol Oscar Vinals. Dengan tiga deck untuk penumpang,  tampak seperti persilangan antara ikan tropis dan pesawat ruang angkasa sci-fi. Apakah desain besar ini pertanda masa depan perjalanan udara?

Lebih besar berarti lebih baik dalam dunia penerbangan ; pesawat jet penumpang seperti Boeing 707, pesawat ini mampu membawa penumpang lebih cepat  dari pada propeller-driven design. Dalam dekade berikutnya, pesawat yang telah tumbuh lebih besar. Munculnya “design jumbo”,  yang ditandai dengan munculnya Boeing 747, berarti lebih banyak penumpang per penerbangan, dan jumlah kursinya sehingga biayanya menjadi lebih murah.


Desain akan menggunakan teknologi canggih seperti sayapnya yang mampu memperbaiki  sendiri, mesin  yang mampu berputar untuk  lepas landas vertikal, dan hybrid propulsion.

Desain juga menandakan  sebuah sistem yang mengalirkan udara ke “intake engine”  dan untuk mengontrol laminar flow, dengan kata lain untuk mengurangi turbulensi di sekitar pesawat dan mengurangi gaya tarik.

Mungkin itu visi dari seseorang di luar industri dirgantara tanpa prasangka, adalah apa yang dibutuhkan untuk merevolusi desain pesawat.

Umumnya penerbangan ingin terbang sejauh mungkin, dengan beban sebesar mungkin, dan menggunakan sesedikit mungkin bahan bakar. Jika dapat memaksimalkan ketiga, secara teknis memiliki desain pesawat yang lebih baik. Produsen pesawat utama telah membuat tweaks untuk persamaan ini, tetapi sebagian besar telah tetap setia dengan desain yang sudah teruji dan terpercaya.


Silinder A juga merupakan cara yang efisien secara struktural mengandung tekanan, dimana pesawat harus lakukan untuk menjaga tekanan udara yang tepat untuk penumpang ketika terbang pada ketinggian tinggi.

Terlebih lagi, untuk produsen untuk dapat menjual pesawat baru, ia harus menunjukkan bahwa itu aman. Peraturan keselamatan telah berevolusi selama satu abad penerbangan berawak, tetapi dengan desain radikal itu akan jauh lebih sulit untuk menunjukkan keselamatan.