ancaman bagi industri kertas


ancaman bagi industri kertas


Review dari tulisan Revolusi media tulis, saat ini kertas masih eksis dan masih banyak digunakan. Namun dengan hadirnya teknologi digital, kertas juga semakin banyak ditinggalkan oleh masyarakat. Karena dengan teknologi digital, manusia bisa melakukan pekerjaan lebih efektif dan lebih efesien dibandingkan dengan menggunakan kertas.

Terlebih kalau misalnya kita lihat bahan yang digunakan untuk pembuatan kertas adalah dari pohon / kayu. Mungkin sangat dibutuhkan banyak kayu atau pohon dalam proses pembuatan kertas. Isu ini bisa menjadi ancaman terutama ketika berkaitan dengan isu saat ini tentang pemanasan global (global warming).

Terkait isu tersebut, maka penggunaan kayu atau pohon yang sangat banyak itu menjadi kontribusi tersendiri dalam perusakan alam dan kontribusi dalam terjadinya pemanasan global. Dan akan menjadi dorongan internasional agar penggunaan kertas dihentikan dan dialihkan ke penggunaan teknologi digital semacam tablet atau laptop yang bersifat personal serta memiliki nilai efektif efesien.

Dari sisi tersebut, maka secara otomatis akan mengancam eksistensi industri kertas sendiri. Kalau isu tersebut “goal” dan menjadi kebijakan internasional, bisa jadi industri kertas akan berhenti.

Seperti halnya di sekolah-sekolah banyak yang menggunakan teknologi e-learning dengan alasan agar hemat kertas, karena dengan teknologi tersebut untuk ulangan harian tidak menggunakan kertas ujian. Sehingga secara otomatis akan mengurangi penggunaan kertas di sekolah.


EmoticonEmoticon