Personal Branding aliando syarief

Personal Branding aliando syarief


Proses pemasaran tidak hanya untuk memasarkan suatu barang atau jasa tertentu, tapi figure manusia juga bisa menjadi kategori dalam pemasaran. Dengan istilah personal branding, maka sosok figur seseorang akan didesign  untuk membangun persepsi kepada orang lain atau kelompok tertentu. Dan Target dari personal branding ini adalah dikenal.

Sebagaimana dengan yang terjadi pada artis pendatang baru di Indonesia, yang lagi trending di google Indonesia yaitu Aliando. Memang di Indonesia lagi trend dengan artis cowok yang muda atau belia serta ganteng, mulai dari Al yang anak musisi papan atas ahmad dhani, Teuku Rasya Islamy Pasha, sampai dengan Aliando.

Dan penggemar artis-artis seperti itu mayoritas pastinya adalah perempuan. Apakah semua perempuan? Jawabannya pasti tidak, yang pasti adalah perempuan yang masih usia remaja atau anak muda yang mungkin seusia mereka. Meski tidak menutup kemungkinan anak kecil yang baru lahir pun menjadi penggemar mereka, bahkan sampai ibu-ibu dan nenek-nenek juga menjadi fans artis ganteng tersebut. Namun tetap pangsa prioritasnya adalah cewek ABG atau anak muda tersebut.

Aliando sebagai artis pendatang baru yang namanya langsung dikenal, itu tidak bisa lepas dari konsep personal marketing. Entah itu disengaja atau tidak, yang pasti ada prinsip-prinsip pemasaran yang dilakukan dalam kemunculannya di dunia hiburan tanah air.

Aliando tampil dengan face yang ganteng merupakan modal awal yang menjual dan mampu menjadi perhatian publik. Buktinya dia dikenal sebagai sosok yang ganteng atau dilihat secara fisik. Namun disini fisik mungkin sudah biasa, dan banyak artis yang ganteng dan tidak kalah dengan Aliando. Sehingga diperlukan hal lain yang membuat Aliando berbeda dengan artis ganteng yang selainnya.

Perbedaan yang utama adalah sisi low profile atau rendah hati. Hal ini muncul dari pemberitaan media dengan menampilkan bahwa Aliando meski sudah terkenal, dia tidak melupakan fansnya. Sesibuk apapun, dia akan tetap melayani tanda tangan atau berfoto dengan para fansnya. Sehingga dia terlihat tidak sombong atau angkuh, dan akhirnya muncul kesan bahwa Aliando yaitu sosok yang ganteng, baik hati dan tidak sombong meski sudah terkenal.

Selain itu yang lagi hot  saat ini adalah pemberitaan bahwa Aliando membangun masjid dengan gaji yang dia terima. Ini juga akhirnya menambah perbedaan dan daya saing aliando dalam dunia hiburan tanah air, yaitu membangun persepsi publik bahwa aliando adalah sosok religius. Sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah beragama Islam, maka dengan branding seperti ini akan meningkatkan citra positif Aliando di masyarakat Indonesia.

Hal tersebut akhirnya muncul sosok yang sempurna bagi cewek ABG Indonesia , yaitu seorang laki-laki muda, ganteng, baik hati, dan alim atau religius. Dan dengan seperti itu naiklah popularitas Aliando, dan tidak kalah penting adalah peran media yang melakukan ekspose secara massive. Karena tanpa media yang melakukan ekspose seperti itu, maka sosok atau figur Aliando tidak akan dikenal.