Tips mencegah anak agar tidak merokok

Tips mencegah anak agar tidak merokok


Ketika remaja masih coba-coba dengan rokok. Dan sembilan dari 10 perokok mencoba rokok pertama mereka sebelum mereka 18 tahun. Sekali seseorang mulai merokok itu bisa menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk ditinggalkan karena rokok mengandung nikotin, yang sangat adiktif . Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu jika anda berpikir anak anda telah mulai merokok atau mungkin punya pikiran untuk merokok.

1. Jelaskan dampak merokok terhadap fisik atau tubuh


Remaja berpikiran bahwa mereka tak terkalahkan di usia mereka dan sangat jarang memikirkan penyakit atau kematian. Hal tersebut merupakan salah satu alasan mereka untuk merokok tanpa mempertimbangkan konsekuensi. Dengan menjelaskan kepada mereka apa yang terjadi pada tubuh jika mereka merokok, jangka pendek dan jangka panjang, maka Anda akan menabur benih dalam pikiran mereka. Ada banyak gambar online dari paru-paru yang rusak akibat merokok, cukup mengerikan untuk menempatkan bahkan yang paling sulit dari remaja off. Mereka mungkin tidak menyadari banyak efek lain seperti impotensi, infertilitas dan dorongan seks rendah, yang berarti kesehatan seksual dan kesempatan memiliki anak dapat terhambat secara serius.

2. Buat mereka sadar bahwa merokok itu tidak menyenangkan


Remaja sering tidak peduli dengan sekitarnya, tidak mempedulikan apa yang terjadi, dengan siapa mereka bergaul, dan lain sebagainya. Tapi untuk mengatasi / mencegah merokok, bisa dilakukan observasi terhadap perokok, kita ajak remaja untuk bergaul dan berinteraksi dengan perokok. Mreka akan mengetahui secara langsung bahwa perokok sering mengalami bau mulut, gigi kuning, kuku kuning dan pakaian bau dan rambut.

3. Jelaskan implikasi secara financial dalam merokok


Rokok sendiri sangat mahal, dengan paket rata-rata 10 ribu -15 ribu rupiah. Jika seorang remaja merokok 1 paket per hari dalam 20 hari, maka itu adalah kebiasaan yang harus dibayar mahal bagi mereka, yang akan menguras semua uang yang sebenarnya bisa mereka gunakan untuk membeli pakaian baru, sekedar jalan-jalan. Atau mungkin menyiapkan tabungan untuk masa depan, misalkan untuk asuransi yang jauh lebih tinggi , asuransi kesehatan swasta lebih mahal dan tabungan pendidikan, bahkan keluarga. Prinsipnya harus dijelaskan untuk jangka panjang atau masa depan mereka.

Dengan memberikan mereka semua fakta yang menakutkan dan tidak menyenangkan kepada mereka. Dan kemudian membiarkan mereka memikirkannya sendiri tentang merokok, maka itu jauh lebih efektif cara untuk mendorong mereka untuk tidak merokok . Mereka tidak akan merasa didorong ke situasi sulit, mereka akan menerima informasi yang telah diberikan kepada mereka , mudah-mudahan mampu membuat keputusan yang masuk akal dan menanamkan nilai positif kepada diri mereka sendiri . Jika anak remaja sudah merokok dan memutuskan untuk menyerah / sulit berhenti, maka berikan dukungan penuh kepada mereka.


EmoticonEmoticon