Solusi menghadapi kekeringan musim kemarau

solusi menghadapi kekeringan musim kemarau


Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Kalau dilihat dampak bencananya, maka musim hujan umumnya mengakibatkan banjir atau juga tanah longsor. Sedangkan musim kemarau menimbulkan kekeringan di berbagai daerah di Indonesia.

Belajar dari pengalaman menyedihkan ketika musim kemarau, masyarakat yang tinggal di daerah rawan kekeringan akhirnya menyiasati dengan melakukan pengeboran sumber air tanah, atau umumnya disebut dengan membuat sumur bor.

Menjelang musim kemarau yang biasanya terjadi antara bulan April-September. Maka masyarakat mulai untuk melakukannya, terutama daerah yang memang tidak ada akses PDAM. Sehingga mereka harus memulai memiliki sumur bor sendiri untuk masing-masing rumah/keluarga, agar ketika mulai musim kemarau mereka tidak harus mencari air di daerah yang sangat jauh dan harus melakukan antri sampai berjam-jam. Serta hal tersebut dilakukan hampir setiap hari di musim kemarau.

Solusi untuk membeli air bersih mungkin bisa dilakukan, namun pengeluaran untuk itu juga akan sangat besar. Dibandingkan dengan biaya pembuatan sumur bor, meski menghabiskan biaya yang cukup besar di awal namun hal tersebut nantinya akan bersifat jangka panjang/continue penggunaannya. Sehingga sumur bor cukup efesien dalam jangka panjang.

Namun permasalahan financial yang itu dihadapi oleh masyarakat pedesaan atau pelosok, untuk pembuatan sumur bor tersebut. Namun sebenarnya hal itu bisa disiasati dengan menabung. Selain itu juga mungkin turun tangan pemerintah untuk memecahkan permasalahan kekeringan di berbagai wilayah Indonesia sangat dibutuhkan.

Comments