Pasar Tradisional : “Keberadaan dan manfaat yang ditinggalkan”

Pasar Tradisional : “Keberadaan dan manfaat yang ditinggalkan”


Pasar merupakan suatu perkumpulan tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli.Pasar juga ada yangpasar modern, dan juga pasar tradisional. Pasar tradidional juga tidak kalah menarik dengan pasar modern (super market).

Ada keunikan sendiri  jika anda masuk dan mengamati pasar tradisional,beberapa hal yang akananda temui diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dalam hal tawar menawar barang antara penjual dan pembeli, si penjual jelas ingin untung, namun di sisi lain si pebeli juga ingin barang yang dipilihnya itu bisa dibeli dengan harga miring, yang pastinya tidak menguras dompet. Maka terjadilah interaksi komunikasi yang sengit, antara lain yang dilakukan pembeli adalah merayu pedagang, membandingkan barang yang sama dengan pedagang yang lain, atau bisa jadi ancaman untuk tidak jadi dibeli. Seru bukan? Karena tidak ada harga yang pasti yang tidak bisa ditawar di dalam pasar tradisional.

  1. Harga sangat terjangkau, jika jeli dalam membeli juga, barang-barang yang ada di pasar tradisional juga tidak kalah bagus dengan di supermarket juga. Malah jika anda ingin dapat diskon, atau anda meminta sedikit tambahan barang (gratis), maka pedagang juga tidak segan-segan untuk memberikan. Mungkin ini bertujuan agar pembeli yang datang untuk tidak kapok berbelanja di tempatnya.

  1.  Jika memilih  barang, ikan misalnya, masih segar-segar juga loh,  bisa memilih dengan tangan sendiri, bisa pegang ikan secara langsung, tanpa plastik atau sudah di beku kan dalam es.  Dan sekali lagi harga miring banget!

Disamping itu, pasar tradisional juga turut menunjang stabilitas perekonomian nasional, karena menggunakan transaksi uang indonesia, nggak pake dollar segala, karena di pasar mayoritas masyarakat menengah ke bawah.,

Meskipun ada beberapa hal dari pasar tradisonal yang masih perlu diperhatikan oleh pemerintah setempat, misalnya adalah fasilitas tempat untuk berbelanja yang nyaman dan bersih. Karena selama ini pasar tradisional identik dengan tempat yang kotor, becek, dan lain sebagainya.

Selamat mencoba berbelanja di pasar tradisional.