Mengenang permainan lempar batu / lempar kerikil

Mengenang permainan lempar batu / lempar kerikil


Siapa yang masih ingat dengan permainan lempar batu atau lempar kerikil ini?

Bagi anak-anak, bermain mungkin adalah suatu yang wajib untuk dilakukan. Bermain dengan teman-teman, maupun dengan benda mati (boneka, mobil-mobilan, dll). Bermain juga merupakan sarana menghilangkan penat setelah usai sekolah, les, atau belajar dirumah.

Bermain dengan teman sepermainan mungkin suatu yang paling menyenangkan, disamping bermain,  mereka tanpa sadar juga belajar. Belajar untuk bersosialisasi, belajar untuk menghargai pendapat orang lain, belajar untuk menerima kekalahan dalam suatu permainan, dan lain-lain.

Permainan yang satu ini memang tidak membutuhkan biaya sepeserpun atau gratis, dan bahkan sulit untuk mencari media permainan ini itu sangat mudah sekali. Hanya beberapa batu kerikil seukuran ibu jari, kira-kira ada 5 batu kecil.

Dengan lihai, biasanya permainan ini sering dimainkan oleh tangan anak perempuan di desa. Disamping itu, biasanya batu-batu yang mereka pilih untuk bermain juga tidak sembarangan batu.

Lempar batu ini biasanya menggunakan batu yang bulat, tidak begitu kecil dan tidak pula begitu besar.

Cara bermainnya adalah dengan melempar salah satu dari 5 batu yang ada, jika batu yang awal sudah dilempar, maka pemain harus mengambil satu batu yang lainnya, dan harus di pegang. Jika tidak bisa mengambil salah satu dari batu yang ada, maka permainan dianggap gugur.

Naah, bermain juga tidak  perlu mahal toh, banyak alternatif bermain yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi anak-anak.


EmoticonEmoticon