Kecepatan persebaran Informasi masyarakat desa

Kecepatan persebaran Informasi masyarakat desa


Informasi masyarakat desa - Netizen adalah masyarakat baru yang terbentu di internet. Tanpa mengenal batas wilayah dan membentuk system kemasyarakatan.

Ekonomi, politik, hokum, komunitas, budaya, pertahanan, dan lain sebagainya adalah berbagai bentuk bidang kemasyarakatan yang terbentuk di internet.

Mulai dari ekonomi banyak yang melakukan system perekonomian dari internet. Misalkan banyak yang melakukan perdagangan internet, bahkan menjalankan bisnis secara online.

Politik pun sudah bukan menjadi rahasia umum, rebutan posisi sebagai penguasa di internet. Internet menjadi alat cukup efektif dan efesien dalam membangun opini publik untuk mengangkat figure tokoh tertentu untuk bisa berkuasa. Atau juga membangun opini untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Bahkan penguasa internet pun tidak terhindarkan, misalkan google sebagai penguasa dunia internet. Dan ada saingannya yaitu facebook dan twitter, yang semuanya berebut untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat internet sehingga mereka mampu menjadi nomor 1 di internet.

Berbagai Negara memiliki undang-undang internet agar dalam penggunaan internet bisa dilakukan dengan cara-cara yang benar. Sehingga dari hal tersebut dibuatlah aturan yang mengatur pengguna atau juga penyedia layanan internet.

Budaya yang terbentuk yaitu penggunaan gadget yang canggih untuk bisa mengakses internet. Misalkan hanphone yang canggih akhirnya mempengaruhi kecepatan dan kemudahan dalam mengakses internet, bahkan handphone yang tidak ada internetnya dikatakan hape jadul (jaman dulu). Budaya eksis di dunia maya, misalkan foto selfie menjadi trend dalam masyarakat Internet.

Dan poin yang paling penting adalah ketersediaan informasi yang sangat cepat berkembang. Selain itu juga jangkauan informasi yang sangat luas, dan memiliki kemampuan interaksi tanpa batas di Internet. Jauh dari hidup yang individual dan tertutup.

Kehidupan tertutup dan individual adalah khas dari masyarakat kota baik dalam metropolitan ataupun megapolitan. Bahkan lebih ekstrem antar tetangga juga tidak saling kenal, apalagi dalam i
nteraksi besar kemungkinan jarang dilakukan.

Hal tersebut bertolak belakang dengan kehidupan di desa. Kita ambil suatu contoh dalam hal menanyakan nama seseorang, mungkin kita tanya di lain desa itu bisa diketahui oleh orang desa yang selainnya. Tanya tentang orang yang ada di desa A, tapi kita tanyanya di desa C maka orang didesa C yang kita tanyai bisa menjawab detail tentang orang desa A yang kita cari.

Kecepatan informasi atau suatu opini akan sangat cepet menyebar dalam masyarakat desa. Meski penyebaran sambung-menyambung melalui lidah, namun opini akan bergulir dengan sangat cepat. Misalkan ada kabar tentang orang hilang maka hal itu akan cepet diketahui oleh orang-orang yang selainnya.

Persebaran informasi dan pola yang terjadi pada internet dalam hal ini memiliki kesamaan dengan konteks masyarakat desa. Mulai dari kecepatan informasi, keterbukaan masyarakat dan lebih social (tidak individual).


EmoticonEmoticon