Exploitasi hinterland : merusak alam demi kesejahteraan

Exploitasi hinterland : merusak alam demi kesejahteraan


Pada era pembangunan ini, negara kita gencar melakukan pembangunan dalam segala bidang, dan tentunya tidak lepas dari sumber daya yang mendukung pembangunan tersebut dan juga IPTEK. Sumber daya alam terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu sumber daya manusia (SDM), sumber daya budaya (SDB) dan sumber daya alam (SDA). Sumber saya alam pun terbagi menjadi sumber daya biotik dan sumber daya alam non biotik. Disini kita akan membahas mengenai SDA yang ada di indonesia, khususnya bahan galian C[i].

Sumber daya alam non abiotik merupakan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui lagi, yang berarti, jika sudah habis maka tidak akan ada lagi dan akan membutuhkan waktu yang lama jika membuatnya lagi.

Pemanfaatan lahan pertanian yang berada di daerah hinterland[ii] dan pedesaan yang dekat dengan kota pun menjadi sasaran untuk pembangunan pabrik dan daerah yang dekat dengan pegunungan atau gunung untuk menjadi sasaran untuk galian batu atau tanah.

Penggalian batu atau tambang batu ini apabila melebihi kedalaman yang telah ditentukan, maka akan menyebabkan hilangnya kesuburan tanah serta ketahanan tanah (ketinggian tanah menurun). Serta apabila sebagian besar wilayah terdapat galian, maka tidak memungkinkan adanya dampak-dampak negatif seperti menurunnya tingkat kesuburan tanah, hilangnya batuan tanah/litosfer, jalan rusak/bergelombang karena alat pengangkut batu dsb.

Sedangkan, ada juga manfaat dari pertambangan batu ini, diantaranya adalah mengurangi angka pengangguran penduduk sekitar pabrik batu atau wilayah galian (menambah lapangan kerja), memanfaakan SDA dengan maksimal, menambah keuangan daerah, dll.










[i] Bahan Golongan C adalah bahan yang tidak dianggap langsung mempengaruhi hayat hidup orang banyak, contohnya garam, pasir, marmer, batu kapur dan asbes. Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Pertambangan



[ii] Daerah yang jauh dari pantai. Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Hinterland




Comments